AMBON, Siwalimanews – Tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon yang ber­langsung di RSUP. dr. Leimena sejak tanggal 30-31 Agustus 2024, turut diawasi Bawaslu Kota Ambon.

Untuk Kota Ambon sendiri, ada 4 pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029 dan telah menjalani pemeriksaan dihari yang berbeda.

Pasangan Bodewin M Watti­mena-Ely Toisuta dan pasangan Jantje Wenno-Syarif Bakri Asyathry men­jalani pemeriksaan pada Jumat (30/8).

Sementara pasangan Agus Riri­masse-Muhammad Novan Liem (AMAN) dan pasangan Muhammad Tadi Salampessy-Emilyh Dominggus Luhukay diperiksa kesehatannya pada Sabtu (31/8).

Pemeriksaan kesehatan berlang­sung selama kurang lebih 10 jam yang dimulai sejak pukul 07.00 WIT.

Baca Juga: BPK Temukan Korupsi Alkes Buru Capai 2,8 M

Dimana proses pentahapan itu juga turut diawasi oleh Bawaslu Kota Ambon dan Bawaslu masing-masing kabupaten/kota yang kandi­datnya juga menjalani pemeriksaan. Seperti Bawaslu SBB, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Mal­ra).

Koordinator Divisi (Kordiv) Pena­nganan Pelanggaran dan Penyele­saian Sengketa Bawaslu Ambon, Suminar Setiati Sehwaky kepada Wartawan di RSUP. dr. Leimena menyampaikan, apresiasi kepada pihak RSUP yang telah melaksa­nakan tahapan pepmeriksaan kese­hatan bagi paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah khususnya Kota Ambon dengan lancar.

“Alhamdulillah proses peme­riksaan kesehatan yang dimulai sejak hari Jumat dan Sabtu semuanya berjalan lancar. Teknik pemerik­saannya yang kita awasi juga sesuai prosedur,” ujarnya.

Dikatakan, hal yang dikhawatirkan Bawaslu adalah jangan sampai ada para bakal calon yang melewati proses pemeriksaan tidak sesuai prosedur persyaratan pencalonan.

“Yang dikhwatirkan itu, jangan sampai ada bakal calon tertentu yang tidak menjalani pemeriksaan sesuai prosedur yang seharusnya. Artinya setiap prosedur pemerik­saan kesehatan harus dilaksanakan jangan sampai ada yang terlewati. Tapi Alhamdulillah, sejak dari pagi Jumat pai jam 07.00 sampai dengan selesainya itu pukul 22.30 WIT malam. Dan dilanjutkan Sabtu pagi semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Dia memastikan tidak ada problem dalam tahapan pemeriksaan kese­hatan ini.

“Karena memang sebelum ini berjalan, sudah ada koordinasi de­ngan pihak rumah sakit. Jadi menurut kami, kinerja pihak RS sudah bagus dan tidak ada kendala tertentu,” tandasnya. (S-25)