PIRU, Siwalimanews – Banjir yang melanda Dusun Olas, Desa Loky Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) membuat aktifitas warga lumpuh. Senin (10/06).

Pantauan Siwalimanews, akibat luapan air sungai karena hujan lebat mengakibatkan banjir menutupi ruas jalan lintas Huamual dan menyebabkan aktivitas warga lumpuh bahkan kegiatan jual beli di pasar Olas pun terhenti.

Menurut salah satu warga, La Kisman kepada Siwalimanews, Selasa (11/06) menjelaskan banjir dipicu hujan lebat selama dua hari penuh di sekitar wilayah Huamual sehingga air sungai meluap kejalan raya dan pemukiman warga.

“Banjir mengakibatkan puluhan rumah terendam setinggi bitis orang dewasa, dan kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa melewati jalan tersebut, karena derasnya air sungai dan membuat aktivitas lumpuh total,” tegasnya.

Menurutnya, banjir juga meluas hingga ke pemukiman warga dan pasar. Aktivitas warga hingga saat ini masih lumpuh karena akses jalan terganggu, serta aktivtas jual beli di kawasan pasar sementara ini juga masih terganggu

Baca Juga: Mesin Rusak Diperairan Sermatang, 30 Penumpang KM Bahari Berhasil Dievakuasi

Kata dia, jalan lintas Huamual saat ini belum bisa dilalui dengan baik sambil menunggu turunnya air sungai. sementara aktivitas juga belum normal seperti biasanya karena jalan utama penghubung Kecamatan Huamual ke Kota Piru masih tergenang dan berlumpur.

Dengan kondisi banjir saat ini, selaku warga Huamual dirinya meminta kepada pemerintah daerah terlebih khususnya Dinas Pekerjaan Ini dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melihat hal ini secepatnya, agar warga dapat beraktivitas seperti biasa lagi, karena tinggal beberapa hari lagi menyongsong lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

Kadis PUPR SBB Nasir Surualy saat dikonfirmasi di ruang kerjanya tidak berada ditempat. Dan dihubungi melalui telepon selulernya namun tidak bisa terhubung.(S-18)