AMBON, Siwalimanews – Memiliki keinginan kuat untuk membangun Ambon dengan hati, maka pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Agus Ririmasse dan Muhammad Novan Liem, resmi mendaftar di KPU, Kamis (29/8).

Pantauan siwalima, pasangan AMAN yang datang diantar ribuan massa pendukung dan didampingi tiga pimpinan partai koalisi masing-masing PAN, Hanura dan Demokrat, tiba di Kantor KPU Kota Ambon, sekitar pukul 13.55 WIT dan diterima oleh Sekretaris KPU Kota Ambon.

Pasangan AMAN serta para pimpinan partai koalisi ini kemudian diarahkan menuju lantai II untuk proses penyerahan dokumen pendaftaran yang diterima oleh Ketua KPU Kaharudin Mahmud beserta komisioner lainnya. Proses penyerahan itu turut disaksikan Ketua Bawaslu Kota Ambon, Jhon Talabessy dan anggotanya.

Pasangan AMAN kemudian menyerahkan berkas pendaftaran untuk dilakukan penelitian oleh KPU, dan hasil penelitian berkas dinyatakan benar dan lengkap, dan selanjutnya dokumen diterima oleh Ketua KPU.

Usai menyatakan seluruh berkas paslon AMAN lengkap, Kaharudin mengaku, psangan ini merupakan pasangan kedua yang resmi mendaftar di KPU setelah sebelumnya pasangan Bodewin Wattimena-Elly Toisuta atau BETA.

Baca Juga: Hargai Keputusan DPP, Watubun : Itu Kedewasaan Politik Tetelepta

“Pak Agus Rirumasse dan Muhammad Novan Liem merupakan pasangan kedua yang mendaftar. Dan berkasnya dinyatakan memenuhi syarat untuk diterima oleh KPU. Hari ini, Kamis )29/8) juga merupakan hari yang istimewa dalam sejarah lahirnya para pemimpin,” ucap Kaharudin.

Ia berharap, semoga apa yang dilakukan di hari ini, dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Kota Ambon yang sama-sama dicintai.

“Kami (KPU dan jajaran), mohon doanya agar kami bisa menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya,” pinta Kaharudin.

Ditempat yang sama Ririmasse yang didampingi Novan Liem kepada wartawan, menyampaikan terima kasih kepada KPU Kota Ambon dan jajaran, Bawaslu Kota Ambon dan jajaran atas prosesi yang telah berjalan hingga berkas dokumennya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat pencalonan.

Ia juga berharap, KPU selaku penyelenggara teknis dan Bawaslu selaku pengawas dapat bekerja secara baik dan profesional menuju proses hingga 27 November 2024 nanti.

“Kepada semua keluarga, pendukung dan simpatisan serta partai koalisi yang selalu mendampingi hingga proses pendaftaran hari ini, terima kasih. Demikian pula kepada pimpinan KPU dan jajaran serta pimpinan Bawaslu Kota Ambon dan jajaran, terima kasih,” ucap Ririmasse.

Bersama Liem, Ririmasse juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Kota Ambon hingga tanggal 27 November 2024 nanti.

“Kepada media massa yang selalu bersama-sama dalam pemberitaan, terima kasih. Saya juga mau menyampaikan permohohanan maaf kepada warga kota, karena dalam prosesi perjalanan hari ini menuju kantor KPU, telah membuat kemacetan pada beberapa titik di pusat Kota Ambon,” ujar Ririmasse.

Usai mendaftar sekitar pukul 15.10 WIT, pasangan AMAN kemudian kembali ke kediaman Ririmasse di Dusun Toisapu, Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, untuk doa syukur. Prosesi pendaftaran di KPU juga dikawal ketat oleh aparat, baik kepolisian maupun TNI dan juga Satgas KPU.(S-25)