AMBON, Siwalimanews –  Pemerintah Provinsi Maluku memastikan, akan menuntaskan anggaran pengamanan pilkada diawal bulan September.

Plh Sekda Maluku Syuryadi Sabirin kepada wartawan di Ambon menjelaskan, pemerintah provinsi telah menyelesaikan pencairan hibah anggaran pilkada ke KPU dan Bawaslu.

Total pencairan anggaran pilkada untuk KPU sesuai NPHD sebesar Rp178.575.843.200, sedangkan untuk Bawaslu sebesar Rp85.304.082.000,-.

“Untuk KPU dan Bawaslu pencairan sudah seratus persen sesuai dengan NPHD,” ungkap Sabirin kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (16/8).

Terkait dengan anggaran pengamanan, Sabirin mengaku, belum seratus persen pencairan, baik kepada TNI maupun Polri.

Baca Juga: SMPN 19 Malteng Rayakan HUT Pramuka

Sesuai NPHD, anggaran pengamanan pilkada yang akan dicarikan sebesar Rp26.259.834.000, baik kepada Polda Maluku, Kodam XV Pattimura, Lantamal IX Ambon dan Lanud Pattimura.

“Untuk anggaran pengamanan kita sudah cairkan 58 persen dari total NPHD yang disepakati,” jelas Sabirin.

Sabirin menegaskan, sesuai kesepakatan pemprov dengan TNI dan Polri, maka pencairan sisa anggaran pengamanan pilkada dilakukan paling lambat awal September mendatang.

“Kita sudah koordinasi dengan TNI-Polri dan disepakati sisanya akan kami bayar pada awal September mendatang. Pasti kita selesaikan,” tegas Sabirin.(S-20)