PEMERINTAH Provinsi Maluku diingatkan  tidak menutup mata dengan persoalan sejumlah aset daerah yang terbengkalai.

Anggota DPRD Provinsi Maluku Edison Sarimanella mengaku persoalan aset daerah ini telah menjadi konsen dan disampaikan dalam berbagai kesempatan termasuk di periode 2019-2024 lalu.

Namun sampai saat ini ternyata belum ada perbaikan terhadap tata kelola aset daerah dan terbukti masih ada beberapa aset yang terbengkalai.

“Ada beberapa aset yang belum dikelola dengan baik bahkan ada yang sudah terbengkalai seperti Gedung Siwalima dan pasar higienis. Ini harus jadi perhatian Pemprov,” ujar Sarimanella kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (22/10).

Menurutnya sangat disayangkan bila aset-aset yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan.

Baca Juga: Pemda Kembali Gelar GPM di Hari Pangan Sedunia

Padahal aset-aset tersebut jika dioptimalkan akan bermanfaat dalam menambah pendapatan bagi pemerintah daerah Maluku.

“Pemda ini kan membutuhkan begitu banyak anggaran untuk pembangunan maka aset-aset harus dikelola dan dioptimalkan, jangan dibiarkan begitu saja,” tegas Sarimanella.

Jika pemerintah daerah beralasan bahwa tidak ada anggaran pemeliharaan maka seharusnya dianggarkan dalam APBD setiap tahun anggaran sehingga pemeliharaan terus dilakukan.

Sarimanella berharap ada itikad baik dari pemerintah daerah untuk segera memanfaatkan aset-aset daerah yang hari ini terbengkalai dan dibiarkan begitu saja.(S-20)