AMBON, Siwalimanews – Provinsi Maluku dengan wilayah laut yang luas dan karakteristik geografisnya, sehingga memiliki potensi risiko bencana dan situasi darurat yang cukup tinggi terutama.

“Karakteristik Maluku merupakan wilayah kepulauan memiliki potensi bencana yang tinggi di kawasan perairan. Penting bagi kita semua senantiasa meningkatkan kesiapan dalam upaya pertolongan dan penyelamatan di permukaan Air,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kota Ambon Muhamad Arafah ketika membuka pelatihan teknis potensi SAR di Aula Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon, Senin (30/9).

Menurutnya, peran serta potensi SAR sangat krusial dalam mendukung operasi yang cepat, tepat, aman, dan terkoordinasi.

“Kemampuan individu dan tim dalam menghadapi berbagai kondisi di perairan, baik ombak besar, arus kuat, maupun situasi yang tidak terduga lainnya sangat menentukan keberhasilan dalam penyelamatan korban,” tegasnya.

Untuk diketahui, pelatihan teknis potensi SAR Water Rescue ini diikuti oleh 50 orang dari TNI, Polri, organisasi, mahasiswa, serta dinas terkait.

Baca Juga: Kapolda Instruksi Personel Optimalkan Pelayanan

Pelatihan teknis potensi SAR ini berlangsung mulai 30 September hingga 05 Oktober bertempat di Aula BPPP Ambon dan Pantai Natsepa. Turut hadir dalam acara pembukaan, Pamen Ahli Kodam XV Pattimura, Danyonmarhan, Dan­lanud Pattimura, Direktur Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Maluku, Kabagum Bakamla Zona Maritim Timur, Wadanyon Brimob Polda Maluku. (S-10)