TIAKUR, Siwalimanews – Mengawali masa tugasnya, Penjabat Sementara Bupati Maluku Barat Daya Melkias. Lohy, memimpin Apel perdana di halaman kantor bupati, Senin (30/9).

Pada apel perdana tersebut Lohy juga membacakan ikrar netralitas ASN dan diikuti oleh seluruh ASN secara bersama-sama. Selain pembacaan ikrar ada juga penandatanganan pakta integritas ASN.

Dalam arahannya, orang nomor satu di bumi Kalwedo mengingatkan banyak hal salah satunya terkait dengan pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan November nanti.

“Netralitas ASN adalah kunci memastikan terselenggaranya proses demokrasi yang jujur dan adil, tegasnya dalam sambutan.

Lohy juga meminta kepada seluruh ASN bersikap profesional dalam menjalankan tugas pelayanan publik selama tahapan Pilkada berlangsung.

Baca Juga: Walikota Lantik Plt Sekot & Sejumlah Kepsek

“Kita semua telah mengucapkan ikrar netralitas ASN dalam Pilkada 2024 ini. Saya menghimbau dan berharap agar semua ASN dapat menggunakan hak pilihnya secara bebas, jujur dan adil, dengan tetap menjaga netralitas serta kekompakan,” tegasnya.

Menurutnya, ada beberapa pelanggaran kode etik dan pelanggaran disiplin antara lain, memasang spanduk, baliho, alat peraga lainnya yang terkait peserta pemilu. Sosialisasi atau kampanye pada media sosial atau online.

“Hadiri deklarasi atau kampanye dan memberikan tindakan dukungan secara aktif. Membuat postingan, comen, share, like, bergabung atau fallow dalam group atau akun pemenangan,” ingatnya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan pentingnya bijak dalam menggunakan media sosial. ASN diharapkan menghindari penyebaran ujaran kebencian dan berita bohong, serta menolak segala bentuk politik uang.

Apabila terdapat ada yang melakukan pelanggaran nilai dasar, kode etik dan kode perilaku agar diberlakukan ketentuan peraturan yang berlaku.

“Ada sanksi tegas dengan pemotongan tunjangan kinerja 25 persen penurunan jabatan setingkat lebih rendah, sampai dengan pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,” urainya.

Langkah ini lanjutnya merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menjaga profesionalisme dan keadilan ASN selama mendukung jalannya Pilkada.

Di akhir amanatnya, Lohy mengajak seluruh ASN untuk tetap loyal kepada pimpinan, bekerja dengan integritas, serta bersama-sama menciptakan Pilkada yang damai, jujur, dan adil.

Apel tersebut dihadiri oleh penjabat sementara sekda, staf ahli, para asisten, pimpinan OPD, Camat Pulau Moa bersama staf, Direktur RSUD Tiakur Bersama staf, kepala puskesmas sersamabstaf, para guru serta seluruh ASN. (S-28)