AMBON, Siwalimanews – sebelum menjalankan tugas sebagai anggota DPRD, ratusan anggota DPRD periode 2024-2029 dari dari Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru Selatan dan Kota Ambon mengikuti orientasi atau pembekalan.

Orienntasi atau pembekalan itu dibuka oleh Pj Gubernur Maluku Sadli Ie, disalah satu hotel di Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (9/10).

Kegiatan yang mengacuh pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, dan Permendagri Nomor 06 tahun 2024 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan daerah, dengan berlandaskan pada prinsip NKRI.

Selain itu, kegiatan ini memperkuat wawasan kebangsaan, integritas, dan moralitas para wakil rakyat, sehingga mereka dapat lebih efektif menjalankan tugas legislatif, pengawasan, dan anggaran.

Baca Juga: Unpatti Benarkan Sport Center Gunakan Nama Bahlil

Sadli pada kesmepatan itu mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, pihaknya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan dimaksud.

Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada para anggota DPRD dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai bagian dari lembaga legislatif di daerah ini.

“Penyelenggaraan pemilu, anggota DPRD telah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya hingga dilantik dan diambil sumpah pada bulan September lalu di lokasi pada kabupaten/kota masing-masing. Terpilihnya bapak ibu merupakan sebuah amanah untuk merealisasikan cita-cita bersama akan semua daerah yang lebih maju sejahtera  dan bermanfaat,” ujarnya.

Dikatakan, DPRD harus menjadi simbol dari cita-cita bangsa Indonesia yang ideal, yang hadir ditengah masyarakat guna menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai dengan sila ke-4. Dimana menjadi wakil rakyat itu ada amanah Rakyat yang diemban.

Untuk itu, kegiatan ini sangat penting guna membekali peserta terkait dengan pengenalan tugas, wewenang, integritas dan moralitas anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menjadi salah satu upaya meningkatkan daya guna para wakil rakyat dalam mengembang tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam mewujudkan  pemerintahan yang bersih dan wibawa

“Jadi, kalau kita bicara terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan, ada dua unsur didalamnya, yaitu eksekutif dan   legislatif. Kita bicara permintaan itu tanggung jawab kita bersama, suskessnya satu pemerintahan ada ditangan eksekutif dan legislatif,”ujarnya.

Selain itu, dengan perkembangan jaman yang begitu pesat, dimana politik yang berubah dari generasi dan mulai tumbuh dan berkembang menjadi tantangan, maka harapanya, semuanya dapat memperkuat kunci dasar DPRD, yakni pengawawasan dan anggaran yang harus  berjalan seiring.

“Harapan kami, kepada seluruh anggota DPRD dapat  menjadi simbol cita-cita bangsa yang dapat menghasilkan produk legislatif yang relevan dengan kepentingan daerah. Karena itu, bapak ibu anggota dewan dapat ikuti kegiatan ini dengan penuh semangat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemajuan bangsa, serta mewujudkan pemerintahan sekelas dunia,”harapnya.

Diketahui, kegiatan ini akan berkangsung selama 3 hari dan juga menghadirkan beberapa Narasumber untuk memberikan penguatan terhadap ratusan anggota DPRD dari empat Kabupaten tersebut. (S-25)