AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon menjadi tuan rumah festival film pendek untuk Region Timur Indonesia yang akan berlangsung pada 14-18 Agustus.

Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama Pengurus Besar AMGPM dengan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Serangkaian kegiatan yang digelar di Ambon yakni festival film pendek untuk Regional Timur Indonesia, Workshop Script Development, TalkShow dengan topik “Berantas Korupsi Lewat Seni”.

PB AMGPM Pendeta Idho Kwalomine mengaku peserta festival film pendek sudah berada di Kota Ambon untuk mengikuti kompetisi.

“Festival film pendek, ide cerita yang berasal dari Maluku, Maluku Utara dan Papua Raya,” ujarnya dalam rilis kepada Siwalima, Senin (12/8).

Baca Juga: Disdik Perbaiki Pelayanan Publik di MBD

Ia menjelaskan Anti-Corruption Film Festival sendiri digagas dan dikelola Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK sebagai program kampanye anti korupsi melalui film.

Personil sudah tiba di ambon untuk menjalani sejumlah agenda yang telah terjadwalkan bersama RRI Ambon, BPC GMKI Ambon dan PB AMGPM. Selasa 13 agustus, akan diadakan TalkShow di RRI Ambon dengan topik “Berantas Korupsi Lewat Seni,” terangnya.

TalkShow sendiri akan menghadirkan beberapa pembicara, yakni Geraldy Laimera dari Founder Welora Pictures, dirinya mewakili PB AMGPM, dan Medio Venda dari Kasatgas 4 Dit. Sosialisasi dan kampanye antikorupsi KPK.

Sedangkan bincang tematik bersama Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK akan digelar di Kantor Klasis GPM Pulau Ambon.

Selanjutnya, Fesfip AMGPM akan diadakan hospitality night bersama 10 finalis ACFFest. Selain peserta hadir juga Irfan Ramly selaku sutradara dan Script Writer, Nurul Kristanto selaku Ketua Tim Pokja Apresiasi dan Literasi Film, Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Kemendikbud Ristek.

“Selama 5 hari, para finalis akan diisi dengan sejumlah materi untuk mengkonstruksi ide cerita agar menjadi sebuah script film yang bagus sesuai yang diharapkan dan dapat diproduksi dengan strategi yang bagus pula sehingga pesan cerita akan mudah diterima dan menarik untuk ditonton,” urainya.

Ketua Umum PB AMGPM, Eky Sairdekut juga mengucapkan selamat datang kepada Tim ACFFest dan para finalis.

“Kiranya komitmen AMGPM bersama seluruh stakeholder untuk melawan Korupsi yang adalah extra ordinary crime sebagai sebuah kesadaran iman demi mewujudkan kesejahteraan dan masa depan bersama,” tandasnya. (S-25)