AMBON, Siwalimanews – Menjelang pemilihan kepala daerah 27 November mendatang, Polda Maluku menghimbau warga untuk tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban didalam masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif

Himbauan ini disampaikan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Areis Aminnulla kepada wartawan di Ambon, Sabtu (31/8).

Kabid mengatakan, Polda Maluku menghimbau seluruh elemen masyarakat agar tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Maluku yang semakin kondusif.

“Kami menghimbau masyarakat agar dapat bersama- sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan damai,” ajaknya.

Dia menyebutkan, sebanyak 30 personel Polda Maluku dikerahkan mengamankan jalannya pemerik­saan kesehatan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku yang dilaksanakan di RSUD dr. M. Haulussy, Sabtu (31/8).

Baca Juga: Kapolres Minta Warga Jaga Keamanan Jelang Pilkada

Proses pemeriksaan kesehatan sendiri dipimpin langsung oleh ketua tim pemeriksa dr. Julu Ma­nalu, dokter spesialis THT RSUD Haulussy.

Pemeriksaan kesehatan dipan­tau oleh Dansat Brimob, dan Direktur Intelkam Polda Maluku, Kepala Binda Maluku, Komisioner KPU Maluku, dan para perwira Polda Maluku yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Salawaku Polda Maluku

“Kurang lebih 30 personel Polda Maluku dikerahkan untuk menga­mankan proses pemeriksaan ke­se­hatan kepada para pasangan calon Gubernur dan Wakil Guber­nur Maluku di RSUD Haulussy,” ungkap Kabid.

Proses pemeriksaan keseha­tan, lanjutnya, dimulai sejak pukul 07.00 WIT. Terdapat dua paslon yang menjalani pemeriksaan keseha­tan. Di antaranya Jefry A. Rahawarin – Abdul Mukti Keliobas dan Hendrik Lewerissa – Abdullah Vanath.

“Pemeriksaan kesehatan sa­ngat penting dilakukan. Ini merupakan salah satu syarat bagi paslon untuk memastikan mereka benar-benar mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya jika terpilih nanti dan secara keseluruhan proses pemeriksaan kesehatan berjalan secara aman dan lancar,” ujarnya. (S-10)