AMBON,  Siwalimanews – Pasca dilantik pada dua pekan lalu, 45 anggota DPRD Maluku periode 2024-2029 menjalani bimbingan teknis.

Ketua sementara DPRD Maluku Benhur Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Senin (30/9) mengungkapkan, bimtek yang dilakukan merupakan hal penting bagi anggota DPRD yang baru dilantik.

Bimtek bagi anggota DPRD ini diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri kepada tiga DPRD, masing-masing Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Selatan. Bimtek tersebut bertujuan untuk penguatan kapasitas anggota DPRD agar lebih mudah memahami tugas dan fungsi dewan kedepan.

“Bimtek bagi DPRD Maluku bukan hal baru, sebab telah dilakukan di setiap periode anggota DPRD. Bimtek ini akan diikuti selama empat hari di Jakarta,” ungkap Benhur.

Dijelaskan, bimtek ini langsung diberikan pihak Kemendagri dengan topik yang berhubungan langsung dengan tugas dan fungsi DPRD.

Baca Juga: 1 Oktober Retribusi Parkir di Sepanjang Jalan Pantai Mardika Ditiadakan

Walaupun terdapat sejumlah anggota DPRD Maluku merupakan wajah lama yang telah memahami tugas dan fungsinya, namun penguatan kapasitas perlu dilakukan agar tugas-tugas dewan kedepan lebih optimal.

“Kita berharap nanti dengan bimtek ini para anggota DPRD dapat menjalani tugas dengan baik untuk kepentingan masyarakat Maluku kedepannya,” harap Benhur.(S-20)