AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 42 pasangan calon kepala daerah pada 11 kabupaten/kota di Maluku saling bersaing memper­butkan kursi Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati.

Setelah menarik nomor undi di kabupaten/kota, para pasangan calon kepala dae­rah mengklaim memena­ng­kan pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Proses penarikan nomor undi berlangsung pada 11 kabupaten/kota di Maluku berlangsung pada masing-masing kabupaten dan kota.

Ambon 4 Paslon

KPU Kota Ambon meng­umumkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon Walikota- Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029.

Baca Juga: Dapat Nomor Urut 1, Jeffry Makin Yakin

Pengundian dilakukan secara terbuka di Kantor KPU Kota Ambon yang berlokasi di Passo, Kecamatan Ba­guala, Kota Ambon, Senin (23/9)

Rapat pleno terbuka dipim­pin oleh Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud didampingi seluruh komisio­ner, dan dihadiri empat Paslon Walikota-Walikota Ambon, serta pimpinan partai politik pendukung dan tim kampanye/pemenangan.

Paslon Agus Ririmasse-Mu­hammad Novam Liem mendapat nomor urut 1, Bodewin M Watti­mena-Ely Toisutta nomor urut 2. Muhammad Tady Salampessy-Emilyh Dominggus Luhukay nomor 3. Dan Jantje Wenno-Sya­rif Bakri Asyathry nomor urut 4.

Diketahui nomor urut diambil secara berurutan sesuai nomor antrian yang sebelumnya diambil oleh masing-masing calon Wakil Walikota.

Proses pengundian dan peng­ambilan nomor urut juga diawasi Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Ambon, dan pihak TNI-Polri yang bertugas.

Lima Paslon SBB

Sementara itu, KPU SBB menggelar rapat pleno penetapan nomor urut di Gedung Hatu Teluk Kota Piru, Senin (23/9).

Hadir dalam pleno tersebut yakni unsur Kepolisian dan TNI, pemerintah daerah, lima pa­sangan calon Bupati dan Wakil Bupati,  ketua Tim pemenang, ketua partai pendukung serta simpatisan dari lima kandidat.

Paslon Paslon HATI Hatta Hehanussa – Stenly Salenussa mendapatkan nomor urut (1),

Asri Arman-Selpianus Kainama dengan jargon AMANUSA nomor (2), Timotius Akerina – Yudin Hitimala Akronim YAKIN nomor (3), Samson Richardo Atafary – Abd Rasyid Lisaholit akronim BERSAMA nomor (4) dan Fransiane Puttileihalat-Taher Bin Ahmad akronim NUSAINA nomor urut (5).

Usi pengundian nomor urut Paslon selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara oleh para komisioner KPU, disaksikan oleh Bawaslu.

Ketua Komisioner KPU SBB Abuany Kasilaya kepada Siwa­lima, Senin (23/9) menyampai­kan, sebagai penyelenggara KPU apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah, aparat TNI/Polri  dan seluruhnya yang sudah saling bahu membahu mengawal pilkada damai, hingga saat ini sudah pada tahap penetapan nomor paslon calon Bupati dan Wakil Bupati 2024.

Kasilaya menjelaskan, tahapan penetapan nomor urut paslon juga sebagai salah sarana so­sialisasi kepada masyarakat. Terutama terkait pentingnya menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi. Karena hak pilih masyarakat akan mempengaruhi keberlanjutan pembangunan di daerah.

Dua Paslon di Aru

Sementara itu KPU Kabupaten Aru sedikitnya dua paslon bersaing ketat. Paslon Temy Oersipuny-M.Si-Hady Djumaidy Saleh (Teman Juang) men­dapatkan nomor urut (1), dan Paslon Timotius Kaidel-Muhamad Djumpa nomor urut (2).

Rapat pleno terbuka peng­undian nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati Aru dipimpin oleh Ketua KPU Aru, Halati Mangar didampingi empat komisioner yakni, Krisna P. Ditubun, Bajo Djabumir, Talib Gamarborbir, Robert Tjiljuir dan sekretaris KPU, Paulina Talutu dan disaksikan Bawaslu Aru, Yadi Salay.

Pengundian nomor urut dan penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Aru berlangsung, Senin (23/9) di Gedung Cende­rawasih Dobo.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Aru, Muin Sogalrey, Waka Polres Kepulauan Aru, Kompol. J. Horhoru, Kasi Barang Bukti Kejari Aru, Meggy Salay, Danramil 1503-03 Dobo, Kpt. D. Masaoy serta timses dari kedua pasangan calon.

Usai penetapan nomor urut, kedua paslon menyampaikan pidato singkat yang pada intinya menginginkan agar pilkada tahun 2024 ini berjalan aman dan damai.

Selain itu pula, kedua Paslon ini juga menginginkan dan mengharapkan Kabupaten Kepulauan Aru kedepannya akan lebih baik dari tahun-tahun kemarin demi terwujudnya masyarakat Aru yang sejahtera.

4 Paslon di Buru

KPU Kabupaten Buru resmi menetapkan nomor urut pa­sangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buru usai masing-masing calon mengambil nomor urut.

Pengundian nomor urut ini berlangsung dalam rapat pleno terbuka, Senin (23/9).

Ketua KPU Kabupaten Buru Walid Aziz membacakan berita acara pleno No. 187/TL.02-BA-2/2024 terkait penetapan nomor urut calon peserta Pilkada 2024.

Berikut adalah hasil pengun­dian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buru 2024, nomor urut (1) calon Bupati Muhammad Daniel Rigan dan Wakil Bupati Harjo Udanto Abu­kasim dengan Partai Pengusung, Nasdem dan Gerindra.

Untuk nomor urut (2) Calon Bupati Ikram Umasugi dan Wakil Bupati Sudarmo dengan Partai Pengusung, diantaranya, PKB, PAN, PKS

Sementara nomor urut (3) calon Bupati Aziz Hentihu dan Wakil Bupati Gadis Siti Nadia Umasugi dengan Partai Pengusung, PPP, GOLKAR dan PDIP

Selanjutnya nomor urut (4) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Amus Besan dan Hamsa Buton dengan partai pengusung, Perindo, Demokrat, Hanura dan PBB

Acara ini kemudikan dilanjut­kan dengan  penandatanganan berita acara oleh para komisioner KPU, disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Buru.

Ketua KPU Kabupaten Buru Azis menyatakan usai melak­sanakan pleno penetapan nomor urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru tahun 2024, selanjutnya akan diadakan de­klarasi kampanye damai tanggal 24 dan tanggal 25 tahapan kam­panye.

Tiga Paslon MBD

Di Kabupaten MBD dilakukan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon Bu­pati dan Wakil Bupati Kabupaten yang berlangsung di gedung Serbaguna Tiakur, Selasa (23/9) sore.

Rapat dipimpin Ketua KPU MBD Yoma Naskay, didampingi anggota Komisioner KPU MBD lainnya dan disaksikan Bawaslu MBD.

Dari hasil pengambilan nomor urut, nomor urut (1) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Hendrik Natalus Christian dan Hengky Rikardo Pelata.

Selanjutnya, Calon Bupati dan Wakil Bupati Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily memperoleh nomor urut (2)

Dan terakhir Nomor urut 3 paslon Bupati dan Wakil Bupati Simon Moshe Maahury dan Jhon Unipalita.

KKT 5 Paslon

Sementara nomor urut paslon juga berlangsung di KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Ketua KPU Tanimbar, Christian Matruty mengumumkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Adolof  Bormasa-Hendrikus Serin mendapat nomor urut (1), Melkianus Sairdekut-Kelvin Keliduan nomor (2), Ricky Jauwerissa-Juliana Chatarina Ratuanak nomor (3), Julianus Aboyaman Uwuratuw-Polikarpus Lalamafu nomor (4) dan Piterson Rangkoratat-Hendrikus Jauhari Oratmangun nomor (5)

Sementara itu kelima pa­sangan Calon dalam sambutan mereka ada yang mengajak untuk menjadikan pilkada romantis sebagaimana tema KPU, ada juga yang mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin ber­dasarkan rekam jejak serta punya tujuan kerja kepada masyarakat.

Seperti Paslon “JUARA” yang dalam sambutannya meminta kelima pasangan untuk jangan hanya mau untuk jadi pimpinan dalam visi misi namun lebih ke kerja untuk melihat kepentingan masyarakat.

4 Paslon Malteng

Sementara di Maluku Tengah, tercatat 4 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati telah ditetapkan nomor urut oleh KPU yang dipim­pin Ketua KPU Malteng, Ibrahim Lesnussa didampingi seluruh komisioner.

Adapun pengambilan nomor urut pasangan calon pemimpin Negeri Pamahanu-Nusa itu diha­diri keempat pasangan ca­lon, masing masing pasangan, pa­sangan (Manise), Miranti Dewa­ningsi-Daniel Nirahua mem­peroleh nomor urut (1), Pasang­an,(Nusa Ina) Ibrahim Ruhu­nussa-Liliane Aitonam, nomor (2).

Selanjutnya paslon (Amanat) Andi Munarswir Intan-Tina Welma Tetelepta, nomor urut (3) dan paslon (Bangkit), Zulkarnain Awat Amir- Mario Lawalata nomor urut (4).

Ketua KPU Malteng, Ibrahim Lesnussa meminta seluruh pasa­ngan calon dapat tetap menjaga iklim demokrasi di Malteng agar tetap berjalan aman damai.

SBT 5 Paslon

KPU Kabupaten SBT melaku­kan pengundian nomor kepada lima paslon Bupati dan Wakil Bupati periode 2024- 2025.

Sidang pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua Kabupaten SBT, Syahrifudin dan dihadiri anggota KPU disaksikan oleh pimpinan dan anggota Bawaslu SBT dan dihadiri lima paslon.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Fahri Husni Alkatiri- Muhammad Miftah Thoha R Wattimena memperoleh nomor urut (1) Rohani Vanath- Madja Rumatiga nomor (2),  Idris Rumalutur-Hasan B Musaad nomor (3), Abdul Malik Kastela- Arobi Kelian nomor urut (4), serta Agil Rumakat-Enver Abdullah R Wattimena nomor (5).

3 Paslon Bursel

Sementara di Kabupaten Buru Selatan paslon La Hamidi-Gerson Eliaser Selsily (LHM-GES) nomor (1), paslon Abdul Haris Wally-Elisa Ferianto Lesnussa ( Wally-Nussa) nomor (2). Dan terakhir Safitri Malik Soulisa-Hemfri Lesnussa (SAH) memperoleh nomor (3).

4 Paslon di Tual

Sedangkan di Kota Tual seba­nyak lima paslon memperebutkan kursi Walikota dan Wakil Wali­kota Tual.

Lima paslon yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Tual yaitu, Akhamad Yani Renuat-Amir Rumra nomor urut (1). Paslon M. Rum Ohoirat-Amir Tamher nomor (2), paslon Usman Tamnge-Baharuddin Farovovan nomor (3) dan paslon Hari Tamher- Alia Asatri nomor (4).

3 Paslon di Malra

Terakhir KPU Kabupaten Maluku Tenggara menetapkan nomor urut tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati bersaing

Paslon nomor urut (1) Mar­thinus Sergio Ulukyanan-Ahmad Yani Rahawarin (MARYADAT). Kemudian nomor urut (2) paslon Djamaludin Koedoeboen-Wil­ybrodus Lefteuw (DAMAI). Sedangkan paslon Muhammad Taher Hanubun-Carlos Viali Rahantoknam memperoleh no­mor urut (3). (tim)