AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 1.077 Jemaah Calon Haji asal Maluku siap diberangkatkan pada 31 Mei mendatang menuju ke Tanah Suci Mekkah.

Kepastian keberangkatan JCH asal Maluku ini disampaikan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, H Djunaidi Wali kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (21/5).

Wali menjelaskan, 1.077 JCH dan lima orang petugas kloter akan berangkat dari Bandara Pattimura dengan dengan menggunakan pesawat carter ke Emberkasi Haji Makassar, kemudian berganti maskapai ke Arab Saudi.

“Berbagai persiapan telah dilakukan dan nantinya JCH Maluku akan dibagi dalam tiga kloter, yakni kloter 27, 31 dan kloter 32,” ungkap Wali.

Kloter 27 yang terdiri dari 450 JCH kata Wali, direncanakan masuk ke Asrama Haji Waiheru Ambon pada 30 Mei dan diterbangkan sehari kemudian dari Bandara Internasional Pattimura Ambon dengan tiga flight pesawat carter.

Baca Juga: Unpatti akan Buka Prodi Pendidikan Kedokteran Gigi

Kemudian untuk kloter 31 dengan 450 JCH akan masuk ke Asrama Haji Waiheru Ambon pada 1 Juni dan diberangkatkan dari Bandara Internasional Pattimura Ambon pada 2 Juni 2024. Sedangkan kloter 32 dengan jumlah 177 JCH direncanakan masuk ke Asrama Haji Waiheru Ambon pada 3 Juni dan selanjutnya bertolak ke Makassar untuk bergabung dengan JCH Sulawesi pada 4 Juni 2024.

“Prinsipnya sebelum diberangkatkan itu, JCH sudah masuk ke Asrama Haji Waiheru Ambon, itu sudah jadi konsep kami, sebab memang konsep keberangkatan JCH tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena Maluku telah ditetapkan sebagai Emberkasi Haji Antara oleh Kementerian Agama RI,” jelasnya.

Wali menambahkan semua jamaah dari 11 kabupaten/kota di Maluku akan masuk di asrama haji Waiheru Kota Ambon dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana ada JCH yang tidak masuk asrama seperti Kota Ambon dan beberapa daerah lainnya.(S-20)