AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 1.068 jema’ah calon haji embarkasi antara Maluku resmi dilepas untuk diberangkatkan menuju Arab Saudi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku, H. Yamin menjelaskan, keberangkatan jema’ah calon haji berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 1005 Tahun 2023 tentang Kuota Haji.

“Total untuk jema’ah calon haji embarkasi antara Maluku tahun 2024 sebanyak 1.068 jema’ah yang  diberangkatkan menjadi tiga kloter, dan hari ini kloter 27 resmi dilepas oleh Pak Penjabat Gubernur Maluku,” ucap Kakanwil kepada wartawan di Aula Asrama Haji Waiheru Ambon, Jumat (31/5).

Berdasarkan SK tersebut kuota JCH untuk Provinsi Maluku meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 1.068 jema’ah dan didalam

Selain JCH terjadi juga peningkatan jumlah petugas yang sebelumnya paling banyak lima orang menjadi sembilang orang.

Baca Juga: Pekan Depan, Ririmasse dan Wattimena Jalani Fit and Proper Test di PDIP

Kakanwil mengungkapkan, untuk jema’ah calon haji Provinsi Maluku tahun 2024 yang tertua berusia 94 Tahun sedangkan yang termuda berusia 18 tahun.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung penuh pelaksanaan haji,” jelas Kakanwil.

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie mengatakan, ibadah haji selain melaksanakan rukun dan amalannya, juga membangun persaudaraan dan ukhuwah islamiah dengan memperluas jaringan dan memperkaya pengalaman spiritual.

“Jalinlah komunikasi dan silaturahmi dengan sesama calon jemaah haji dari berbagai daerah baik dari Indonesia maupun yang berasal dari negara lain,” ungkap Sadali.

Sadali juga meminta semua JCH untuk menjaga kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna, sebab ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat.(S-20)