AMBON, Siwalimanews – Ketua KPU Kota Ambon Kaharu­din Mahmud menyebut sebanyak 1.012 kotak suara untuk Pilwakot telah tiba namun masih kurang.

Logistik yang diterima yang terima sebanyak 1.002 ditambah kotak suara cadangan sebanyak 10 buah. Sehingga totalnya sebanyak 1.012.

Proses pembongkaran logistik dilakukan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon disaksikan oleh Bawaslu maupun aparat TNI dan Polri, Selasa (24/9).

“Hari ini, pukul 11.10 WIT kita telah melaksanakan pembongkaran logistik Pilkada berupa kotak suara. Jumlah ini sesuai dengan jumlah Tempat TPS di Kota Ambon, yaitu 501 TPS,” ujarnya kepada wartawan.

Berdasarkan pleno penetapan DPT oleh KPU Kota Ambon, terjadi penambahan j13 TPS yang selaras dengan penambahan daftar pemilih. Untuk itu, lanjutnya KPU akan lakukan Adendum untuk kemudian dilakukan penambahan kotak suara.

Baca Juga: Bawaslu Apresiasi Kerja KPU

“Prinsipnya kita lakukan ini sesuai Keputusan KPU nomor 1.139 tahun 2024 tentang kebutuhan dan spesifikasi teknis perlengkapan pemungutan suara dan perleng­kapan lainnya, maka kita ingin pastikan logistik kotak suara sesuai jumlahnya,” tandasnya.

Usai pembongkaran dari kontainer, katanya logistik akan didistribusi dengan mobil truk menuju gudang KPU di Desa Poka.

Di tempat yang sama Ketua Bawaslu Kota Ambon, Jhon Talabessy mengapresiasi langkah sigap yang dilakukan penyeleng­gara Pemilu baik itu KPU dan Bawaslu, serta aparat kepolisian yang turut amankan proses ini hingga berjalan dengan baik.

“Hari ini kita lakukan pengawasan terhadap logistik khususnya kotak suara yang sudah tiba di pelabuhan Yos Sudarso dan sudah dilakukan pembongkaran. Tata cara dan prose­dur mekanismenya sebagai­mana yang diatur dalam keputusan ketua KPU Nomor: 1.139 tahun 2024,” sebutnya.

Dia menambahkan sesuai hasil koordinasi dengan KPU, nanti besok baru akan dilakukan pembongkaran dan perhitungan logistik.

Diketahui, selain kotak suara, sebelumnya juga telah tiba logistik lain seperti, kabel tis sebanyak 6.372 buah dan kertas segel sebanyak 10.686 lembar. (S-25)