AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 1.012 kotak suara untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, tiba di Ambon. Selasa (24/9).

Pembongkaran ribuan kotak suara ini dilakukan di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon untuk di distribusikan dengan menggunakan truk ke Gudang KPU di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon. Proses pembongkaran ini turut diawasi oleh Bawaslu dan dikawal oleh aparat kepolisian dan TNI.

Selain Kota Ambon, logistik kotak suara milik Kabupaten Buru, Buru Selatan dan Kabupaten Tanimbar juga tiba hari ini.

Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud kepada wartawan di sela-sela pembongkaran logistic itu mengatakan, logistik berupa kotak suara yang masuk hari ini sebanyak 1.002, ditambah kotak suara cadangan sebanyak 10, sSehingga totalnya sebanyak 1.012.

“Hari ini, pukul 11.10 WIT kita telah laksanakan pembongkaran logistik pilkada berupa kotak suara. Jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS di Kota Ambon, yaitu 501 TPS,” jelasnya.

Baca Juga: KPU Minta Dinkes Turunkan Harga Rikes Calon KPPS

Sebelumnya kata dia, berdasarkan pleno penetapan DPT oleh KPU Kota Ambon, dimana terjadi kenaikan 13 TPS yang selaras dengan penambahan daftar pemilih menjadi 514 TPS, untuk itu, nanti KPU akan lakukan adendum yang kemudian dilakukan penambahan kotak suara.

“Prinsipnya kita lakukan ini sesuai Keputusan KPU Nomor 1.139 tahun 2024 tentang Kebutuhan dan Spesifikasi Teknis Perlengkapan Pemungutan Suara dan Perlengkapan lainnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta Walikota-Wakil Walikota, maka kita ingin pastikan logistik kotak suara sesuai jumlahnya,” tandasnya.

Usai pembongkaran dari kontainer, selanjutnya lanjut Kaharudin, akan didistribusi menuju Gudnag KPU. Dimana proses ini turut dikawal oleh personel kepolisian dari Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Ketua Bawaslu Kota Ambon Jhon Talabessy ditemoat yang sama, mengapresiasi langkah sigap yang dilakukan penyelenggara pemilu baik itu KPU dan Bawaslu, serta aparat kepolisian yang turut amankan proses ini hingga berjalan dengan baik.

“Hari ini kita lakukan pengawasan terhadap logistic, khususnya kotak suara yang sudah tiba di Pelabuhan Yos Sudarso dan sudah dilakukan pembongkaran. Tata cara dan prosedur mekanismenya sebagaimana yang diatur dalam keputusan KPU Nomor 1.139 tahun 2024,” sebutnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan turut mengawal dan awasi hingga proses distribusi kotak suara ke gudang penyimpanan logistik milik KPU di kawasan kampus Unpatti, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

“Sesuai hasil koordinasi dengan pihak KPU, nanti besok baru akan dilakukan pembongkaran dan perhitungan logistik yang didistribusi itu,” tandasnya.

Diketahui, selain kotak suara, sebelunya juga telah tiba logistik lain seperti, kabel tis sebanyak 6.372 dan kertas segel sebanyak 10.686 lembar.(S-25)