AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya, mengingatkan kepada seluruh OPD di lingkup Pemkot Ambon untuk terus membenahi pengelolaan keuangan demi kemajuan kota ini.

Pasalnya, memasuki semester II tahun anggaran 2024, terutama dalam penyelenggaraan pembangunan, sudah tentu dalam pelaksanaannya harus dimaksimalkan dengan APBD yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya berbagai kegiatan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik, karena didasari dengan pengelolaan keuangan daerah yang tertata dengan rapih.

“Saat ini telah memasuki semester kedua dalam penyelenggaran APBD, sebab itu seluruh pertanggungjawaban harus disiapkan dengan baik oleh pimpinan OPD, KPA, PPK, dan bendahara. Ada yang masih kurang tolong dilengkapi, sehingga semua penyelenggaraan keuangan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tandas walikota saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman parkir balai kota, Rabu (17/7).

Pembenahan keuangan di Pemkot Ambon kata walikota, perlu diperhatikan, hal ini didasari dengan adanya pemeriksaan BPK yang secara tiga kali berturut-turut dinyatakan disclaimer. Untuk itu, perbaikan pengelolaan keuangan daerah dirasa sangat penting.

“Kota Ambon yang dulunya langganan WTP tapi justru kini disclaimer jadi dominasi. Untuk itu kita perlu fokus melihat hal ini, sehingga kedepannya pemkot bisa keluar dari disclaimer itu,” ucap walikota.

Baca Juga: Ini Penjelasan Panitia Pembangunan Masjid IAIN Soal Anggaran 8 M

Walikota mengaku, selama ini pengelolaan keuangan sudah baik dari sistemnya, hanya saja tinggal bagaimana pelaksanaannya atau pelaku-pelaku penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah dapat menjalankannya sesuai ketentuan, sehingga hal itu bisa terlaksana sebagaimana mestinya.

“Yang terpenting adalah, bagaimana kita upayakan pengelolaannya agar keluar dari disclaimer, apakah itu opini WDP atau WTP. Jadi mari kita sama-sama jalankan tugas sesuai amanat yang diembankan bagi kita,” pinta walikota.(S-29)