AMBON, Siwalimanews –  Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Sa­mudi memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dige­lar di Lapangan Letkol Pol (Purn) Chr. Tahapary, Kota Ambon, Selasa (1/10).

Didepan sejumlah pejabat Utama dan personel Polda Ma­luku, Wakapolda berharap de­ngan momen peringatan hari kesaktian Pancasila, dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada. Sehingga diharapkan Pilkada dapat berjalan aman dan damai.

“Pemilihan Kepala Daerah (Pil­kada) Tahun 2024 sudah dihadapan mata. Saat ini tahapan kampanye telah berjalan, untuk itu saya ber­harap dengan momen ini dapat mewujudkan pilkada berjalan aman, damai, lancar dan sukses,” katanya.

Menurutnya, peringatan hari ke­saktian Pancasila tahun 2024 de­ngan usungan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, mencerminkan komitmen bangsa Indonesia untuk bersatu dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045, visi tentang Indonesia yang maju, adil dan makmur.

“Peringatan hari kesaktian Pancasila yang dilakukan bertujuan untuk meneguhkan komitmen bangsa terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara, yang tetap kokoh meski menghadapi berbagai ancaman dan tantangan,” tutur Jenderal Bintang Satu Polri tersebut.

Baca Juga: FKUB Bau-Bau Studi Tiru di Ambon

Wakapolda menambahkan, peringatan ini juga merupakan simbol dari kesetiaan bangsa Indonesia terhadap Pancasila sebagai falsafah hidup dan ideologi pemersatu bangsa.

“Kami berharap peringatan hari kesaktian Pancasila ini dapat terus merekatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta persaudaraan diantara seluruh elemen masyarakat, khususnya di Maluku,” harapnya. (S-10)