AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura dan Universitas Gadjah Mada melakukan kerjasama di bidang dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang lain.

Kesepakatan kerjasama ini ditandatangani Rektor Unpatti Fredy Leiwakabessy dengan pihak UGM di Gedung Pusat UGM, Selasa (9/7).

Rektor Universitas Pattimura, Fredy Leiwakabessy pada kesempatan itu mengatakan kerjasama ini demi memperlancar pelaksanaan tugas dan kewajiban, serta  membuka peluang pertukaran mahasiswa.

“UGM punya nama besar di In­-do­nesia, baik dalam pengem­ba­-ngan SDM, kolaborasi riset, peng­-abdian kepada masyarakat. kerja­-sama ini dilakukan dengan harapan UGM dapat mendampingi Unpatti menuju PTN BH, karena UGM me­-rupakan salah satu PTN BH saat ini,” ujar Leiwakabessy dalam rilis yang diterima Siwalima, Selasa (16/7)

Selain itu katanya, kerjasama ini merupakan kelanjutan ketika tahun 2014 Unpatti melakukan hal ini sama dengan Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM un­tuk membantu dalam pelatihan bagi tenaga operator database akademik, sistem penjaminan mutu internal Unpatti.

Baca Juga: Unpatti Bakal Punya Program Studi Gigi

Diperluas lagi Tahun tahun 2021, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) UGM dalam hal penyelenggaraan program magang bersertifikat bagi dosen dan mahasiswa, serta Fakultas Hukum di tahun 2022 untuk kerja sama dibidang Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai perguruan tinggi tujuan terkait pengelolaan KKN.

“Kami berharap UGM dapat membantu kami dalam berbagai ke­giatan, terutama dalam bidang pen­didikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan MBKM, dan semoga kedepan kita dapat me­ningkatkan kerjasama ini secara progresif, implementatif dan berke­lanjutan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bi­dang Sumber Daya Manusia dan Keuangan Supriyadi juga mengata­kan, semoga kerjasama ini dapat terjalin dengan baik demi kepenti­ngan kedua institusi.

Dikatakan, UGM  mempunyai tanggung jawab moral dan kewaji­ban untuk menjalin kerja bersama dan mewujudkannya melalui im­plementasi perjanjian kerjasama yang mengatur berbagai kegiatan operasional.

Selain itu KKN, pertukaran maha­siswa melalui program MBKM, visiting scholars bagi staf pengajar, dan studi banding bagi tenaga kepen­didikan serta mendisain kerjasama antar mahasiswa Unpatti dan UGM.

“Terima kasih untuk kepercayaan Unpatti menjalin kerjasama dengan UGM semoga MoU yang ditanda­tangani ini dapat diimplementasi dan kesepakatan-kesepakatan se­cara operasional lainnya melalui perjanjian-perjanjian kerjasama dapat berjalan dengan baik,” harapnya. (S-25)