AMBON, Siwalimanews – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Kristen Indonesia Maluku, sukses menggelar kegiatan literasi digital, serta implementasi dan pelatihan  website untuk Persekutuan Pemuda Pelajar Neniari (P3N) di Kota Ambon.

Kegiatan ini dilaksanakan pekan kemarin itu berlangsung di Gedung Gereja Imanuel Semen­tara, Jemaat Gereja Protestan Maluku Galala Hative Kecil.

Ketua tim pelaksana PKM Janeman Sumah diterima Siwalima, kamis (29/8) menyebut untuk meningkatkan kemampuan digital para pelajar butuh pembekalan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang teknologi informasi dan komunikasi.

“Ini untuk memperkuat komunikasi dan informasi melalui platform digital, seperti website dengan melakukan pengimplementasian website resmi P3N,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga para peserta mendapatkan sosialisasi dan pelatihan intensif mengenai literasi digital, termasuk cara menggunakan media sosial secara bijak, dampak media sosial, dasar hukum serta pelanggaran UU ITE, keamanan digital, serta pembuatan dan pengelolaan konten website.

Baca Juga: Unpatti Lepas 1.920 Lulusan ke Masyarakat

“Kami berharap para pemuda dan pelajar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan sebaik mungkin,” pintanya.

Seperti yang diketahui, Neniari adalah salah satu desa di pegunungan Kabupaten Seram Bagian Barat yang paling terisolir, demikian dengan adanya website yang dibangun, maka dapat digunakan sebagai platform untuk mempublikasi informasi dan kegiatan yang positif.

Selama kegiatan berlangsung, tim PKM mendapatkan respon balik yang baik dari para peserta.

Terbukti dengan adanya sesi tanya jawab yang aktif. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang literasi digital, maka dilakukan pre-test dan post-test yang dibagikan kepada para peserta dan didapatkan hasil akhir mencapai 89,6%.

“Hasil ini, melampaui indikator capaian yang ditargetkan yaitu sebesar 85 persen. Keterampilan peserta tentang pengelolaan website mencapai 91,5 persen. Ini menunjukkan, kegiatan telah berlangsung dengan baik dan efektif serta bermanfaat bagi organisasi P3N,” tandasnya.

Oktovianus salah satu peserta pada kegiatan itu, menyampaikan rasa terima kasihnya bersama dengan rekan-rekannya kepada tim PKM UKIM.

“Saya dengan teman-teman merasa senang dan sangat terbantu melalui kegiatan PKM ini,” kata Oktovianus.

Setelah melewati kegiatan mulai dari sosialisasi sampai dilaku­kannya pelatihan penggunaan website, ia dan teman-teman mendapatkan pengetahuan baru.

“Saya menjadi lebih memahami cara menggunakan media digital dengan baik dan benar,” tandasnya.

ia berharap, melalui kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi organisasi lain di Maluku untuk meningkatkan literasi digital dan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan mereka melalui penggunaan website.

Untuk diketahui kegiatan PKM diketuai Dosen Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer UKIM Janeman Sumah, serta Hennie Tuhuteru yang merupakan dosen pada program studi yang sama.

Tim juga menggandeng dua orang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer UKIM, yakni Ulan Ningsih Etwiory dan Rizel Samusamu.(S-25)