AMBON, Siwalimanews – Guna memastikan kesiapan personel dalam melakukan pengamanan pemilihan kepala daerah di Maluku, maka Polda Maluku melaksanakan apel gelar pasukan operasi mantap praja salawaku 2024.

Apel yang dipusatkan di Lapangan Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (26/8) dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan, didampingi Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Syafrial.

Kapolda dalam amanatnya, menekankan beberapa hal untuk dipedomi oleh personel yang terlibat dalam pengamanan pilkada nanti. Salah satunya yakni kolaborasi dan sinergi dengan TNI.

“Mari kita berkolaborasi dan bersinergi dengan tekan rekan TNI untuk mewujudkan pilkada yang aman dan damai,” ajak kapolda.

Kapolda optimis, dengan persiapan yang ada, baik personel, sarana prasarana hingga olah strategi disetiap tahapan pilkada di Maluku akan berjalan aman.

Baca Juga: Soal Perubahan Syarat Pencalonan, KPU Maluku Tunggu Keputusan KPU RI

“Melalui apel gelar ini, Polda Maluku dengan diback up personel TNI dan pemerintah telah mempersiapkan sarana dan prasarana operasi serta olah strategi dalam setiap pentahapan pilkada, sehingga apabila berkembang isu negatif yang bersifat provokatif, termasuk gangguan keamanan dapat diantisipasi dengan baik,” jelas kapolda.

Ditempat yang sama, Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Syafrial menegaskan, TNI siap membantu dan mendukung kepolisian dalam upaya memastikan keamanan dan ketertiban pelaksanaan pilkada tahun 2024 di Provinsi Maluku.

Pangdam juga menekankan tentang netralitas TNI-Polri pada penyelenggaraan pilkada serentak ini.

“Apel gelar pasukan ini menunjukkan sinergitas TNI-Polri yang selalu solid dalam rangka pengamanan pilkada serentak nantinya,” ujar pangdam.

Pada kesmepatan itu, pangdam mengajak seluruh pihak, untuk mensukseskan pilkada guna mewujudkan visi misi Indonesia emas tahun 2045 yang dicita-citakan bersama.(S-10)