AMBON, Siwalimanews – Jeffry Apoly Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas berjanji akan mengurusi rakyat, serta mensejahte­rakan warga dan masyarakat Maluku.

Pernyataan itu disampaikan Jeffry dan Mukti, saat mendaftar di KPU Maluku, Kamis (29/8), sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku.

JAR-MK datang tepat pukul 14.00 WIT, didampingi pimpinan tiga parpol pengusung yakni PDIP, Hanura dan Nasdem dan dikawal ketat ratusan simpatisan.

Tiba di KPU, JAR-MK diarah­kan menuju tempat pendaftaran yang berada di ruangan aula lantai 2 dan langsung menyerahkan doku­men pendaftaran untuk diteliti KPU Maluku.

Setelah dilakukan penelitian KPU Maluku akhirnya menyatakan, seluruh berkas pendaftaran JAR-MK lengkap dan akan dilanjutkan dengan verifikasi.

Baca Juga: Bawaslu Temukan Ribuan Pemilih Ganda Masuk DPS

Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad menjelaskan pada tahapan pendaftaran bakal pasangan calon wajib menyerahkan dokumen pencalonan baik secara fisik maupun online melakukan Silon.

“Setelah dicermati maka seluruh dokumen pasangan calon baik fisik dan maupun online sah dan resmi kami terima,” ucap Faud.

Sementara itu, JAR menyampaikan apresiasi kepada KPU Maluku yang telah menerima pendaftaran dirinya bersama pasangan.

JAR bilang, dirinya merupakan bakal pasangan calon terakhir yang mendaftar di KPU Maluku setelah sehari sebelumnya dua pasang calon lebih dahulu mendaftar.

“Ini bukan soal mendaftar di hari terakhir atau awal. Intinya saya dan pak Mukti memiliki niat yang penuh untuk bertarung dalam kontestasi Pilkada Maluku,” ujar JAR.

Pilkada kata mantan Panglima Kodam Pattimura ini, adalah kontestasi yang harus diisi dengan hal-hal baik bukan menyerang satu dengan yang lain, sebab tujuan Pilkada adalah mendapatkan pemimpin daerah yang baik bagi kesejahteraan masyarakat.

JAR menegaskan, dirinya dan pasangan menawarkan visi dan misi yang tentunya berasal dari kondisi masyarakat Maluku saat ini yang tidak baik-baik saja.

Maluku tambah JAR, membutuhkan percepatan pembangunan jika ingin masyarakat sejahtera dan semuanya dapat dicapai jika pemimpin berkerja dengan hati dan senyum.

“Visi dan misi kami memang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat seperti pengentasan kemiskinan, efisiensi pemuubangunan, penataan birokrasi yang lebih baik serta menjaga keamanan dalam Provinsi Maluku,” ucapnya.

JAR mengakui, dengan anggaran daerah yang cukup kecil tentu tidak akan mampu untuk mengcover semua pembangunan, maka inovasi dari kepala daerah dan wakil kepala daerah sangat dibutuhkan termasuk mendengar aspirasi dari ASN.

“Yang pasti jika diberikan mandat oleh rakyat maka kita akan bekerja bersama untuk membangun Maluku dengan mengedepankan keterbukaan dalam seluruh tahapan pengelolaan birokrasi pemerintahan di Maluku,” tegasnya.

Deklarasi di Posko

Sebelum ke KPU, pasangan JAR-MK melakukan deklarasi di Posko Pemenangan, kawasan AY Patty Ambon, Kamis (29/8) siang.

Pada kesempatan itu, Ketua PDIP Maluku Benhur George Watubun mengingatkan masyarakat untuk tidak memilih pemimpin yang suka ingkar janji. “Jangan sampai kita salah memilih pemimpin,” kata Benhur.

Dia mengingatkan masyarakat Maluku untuk memilih pemimpin yang amanah demi kemajuan Maluku.

Ketua DPRD Maluku ini menyindir figur yang pada kesempatan lalu pernah memimpin Maluku. Walau tak menyebut nama, namun pendukung JAR-MK yang memadati posko pemenangan, sontak tertawa lepas, seolah mengetahui siapa yang dimaksud.

“Kita pernah satu kebun. Tapi Pilgub kali ini, kita cari kebun yang baru. Lahan yang lama tidak bagus atau tandus karena pemilik kebun suka ingar janji,” kata Benhur disambut tawa dan tepuk tangan pendukung JAR-MK.

Karena itu dia mengajak masyarakat Maluku untuk tidak mudah percaya dengan pemimpin yang hanya bisa berjanji, namun tak bisa ditepati.

“Saat ini kami yakin dan percaya, JAR-AMK dengan tagline “Beta Janji Beta Jaga” bisa wujudkan apa yang diucapkan,” ujarnya.

Deklarasi pasangan JAR-MK dipadati ratusan simpatisan dan pendukung, yang sedari pagi setia menunggu kehadiran pasangan tersebut.

Janji Bangun Ambon

Sementara di KPU Ambon, pasangan Agus Ririmasse dan Muhammad Novan Liem, resmi mendaftar di KPU Kota Ambon, Kamis (29/8).

Pantauan Siwalima, pasangan AMAN yang datang diantar ribuan massa pendukung dan didampingi pimpinan partai koalisi, yakni PAN, Hanura dan Demokrat Kota Ambon, tiba di Kantor KPU Ambon, yang berlokasi di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Ambon, sekitar pukul 13.55 WIT, dan diterima langsung oleh Sekretaris KPU Kota Ambon.

Padangan AMAN para pimpinan partai koalisi kemudian menuju Aula lt. II, untuk proses penyerahan dokumen pendaftaran yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud beserta komisioner.

Proses penyerahan itu turut disaksikan Ketua Bawaslu Kota Ambon, Jhon Talabessy dan anggotanya.

Pasangan AMAN kemudian menyerahkan berkas pendaftaran untuk dilakukan penelitian oleh KPU, dan hasil penelitian berkas dinyatakan benar dan lengkap, dan selanjutnya dokumen diterima oleh Ketua KPU.

Pada kesempatan itu, Kaharudin mengaku, AMAN merupakan pasangan kedua yang resmi mendaftar di KPU setelah sebelumnya pasangan BETA.

“Pak Agus Rirumasse dan Muhammad Novan Liem merupakan pasangan kedua yang mendaftar. Dan berkasnya dinyatakan memenuhi syarat untuk diterima oleh KPU,” tutur Kaharudin.

Dia berharap, semoga apa yang dilakukan di hari ini, dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Kota Ambon yang sama-sama dicintai ini.

Sementara Ririmasse dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KPU Kota Ambon dan jajaran, Bawaslu Kota Ambon dan jajaran, atas prosesi yang telah betjalan hingga betkas dokumennya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat pencalonan.

Dia juga berharap, KPU selaku penyelenggara teknis dan Bawaslu selaku pengawas dapat bekerja secara baik dan profesional menuju proses hingga 27 November 2024 nanti.

AMAN di SBT

Pasangan Abdul Malik Kastela dan Arobi Kelian dengan jargon AMAN resmi mendaftar di Kantor KPU SBT, Kamis (29/8).

Pantau Siwalima pasangan dengan jargon AMAN tiba di kantor KPU SBT sekitar oukul 10-30 WIT berpakaian kemeja tangan panjang putih juga didampingi partai politik pengusung dan diantar oleh ratusan pendukung, sekaligus langsung di terima oleh KPU dan empat komisioner KPU SBT.

Kastela dan Kelian saat mengelar Konferensi Pers mengatakan, pemilu yang dikukan tahun ini memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam mendapatkan rekomendasi oartai karena ini serentak di seluruh Indonesia tentunya memerlukan waktu dan tenaga yang cukup.

Ia mengaku, jargon Abdul Malik Kastela dan Arobi Kelian (AMAN) akan menjaga keamanan dan ketertiban untuk membantu pihak kepolisian agar semua berjalan sesuai dengan koridor yang ada.

Oersipuny-Saleh di Aru

Paslon Bupati Kabupaten Kepulauan Aru periode 2024-2029, Temy Oersipuny-Haji Hadi Djumady Saleh Anakoda resmi mendaftar di KPU Aru, Kamis (29/8).

Pasangan yang dikenal dengan Jargon Teman Juang di usung empat parpol, Gerindra, PPP, Hanura dan PDIP.

Pasangan Teman Juang bergerak dari rumah pemenangan di Jalan Cenderawasih tepatnya depan bandara Rar Gwamar Dobo dengan arak-arakan kora-kora dengan ratusan masa simpatisan dan pendukung dan pimpinan dan pengurus partai pendukung menuju Kantor KPU Aru di jalan Ali Moertopo kelurahan Siwalima.

Setibanya di kantor KPU Aru, mereka di terima oleh sekretaris KPU Aru, Paulina Talutu yang dilanjutkan dengan pemasangan topi burung yang merupakan ciri khas kepulauan Aru, kemudian dipasangkan tanda pengenal dan mengisi daftar hadir.

Pasangan balon bupati ini kemudian di persilahkan masuk ruang pendaftaran dan diterima oleh ketua KPU Aru, Halati Mangar bersama empat komisioner dan sekretaris, Paulina Talutu.

Kurang lebih satu jam pemeriksaan (12.00-13.00 wit) dan kroscek data pada dokumen fisik dan Silon, KPU Aru nyatakan lengkap dan tanda bukti terima di serahkan ke mereka.

Wenno-Bakri Yakin

Sementara itu di KPU Ambon, pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Ambon, Jantje Wenno dan Syarif Bakri Asyathry, Kamis (29/8), mendaftar di KPU Kota Ambin.

Pantauan Siwalima, pasangan  Wenno-Asyathry yamg didampingi istri, para pimpinan partai koalisi, PKB, Perindo dan PPP, bersama ratusan masa pendukung, tiba di kantor KPU sekitar pukul 16.00 WIT.

Pasangan dengan tagline Ambon Sajo ini diterima oleh Sekretaris KPU Kota Ambon dan kemudian menuju Ruang Rapat lt. II, untuk proses penyerahan dokumen pendaftaran yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud beserta komisioner KPU lainnya.

Proses penyerahan itu turut disaksikan Ketua Bawaslu Kota Ambon, Jhon Talabessy dan anggotanya.

Pasangan ini kemudian menyerahkan berkas pendaftaran untuk dilakukan penelitian oleh KPU, dan hasil penelitian berkas dinyatakan benar dan lengkap, dan selanjutnya dokumen diterima oleh Ketua KPU.

Pada kesempatan itu, Kaharudin mengatakan, bahwa hari ini, KPU telah menerima berkas dokumen dari dua pasangan calon Walikota dan awakil Walikot. Setelah sebelumnya, juga telah menerima berkas dokumen dari Paslon BETA.

“Terkait proses ini, berkas doku­-men pendaftaran pasangan Jantje Wenno dan Syarif Bakri Asyathry dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat pencalonan,” katanya.

Dia juga berharap, semoga apa yang dilakukan di hari ini, dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Kota Ambon.

Sementara Balon Walikota, Jantje Wenno yang didampingi Wakilnya, dalam mengatakan, ini adalah pesta demokrasi, karena itu, tidak boleh berlangsung dalam suasana yang tegang.

Dia menegaskan, bahwa tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Tuhan, semuanya berasal dari Tuhan. Dan karena itu, ketika Tuhan memberi amanah kepada Jantje Wenno dan Syarif Bakri Asyathry, maka keduanya akan menunjukan kepada masyarakat, bahwa Ambon pasti naik kelas, juara, jika dibandingkan dengan hari kemarin.

Wenno menambahkan, pemerintahan jauh lebih penting ketika rakyat merasa ada sesuatu yang berubah, hal-hal mereka tertangani secara baik, kemiskinan bisa ditekan, lapangan kerja akan semakin tumbuh karena UMKM akan menjadi perhatian.

“Itu yang dimaksudkan dengan Ambon naik kelas,” ujarnya. (S-20/S-25/S-11/27).