AMBON, Siwalimanews – Kolonel Paskhas R. Harys Soeryo Mahendro, melakukan kunjungan silahturahmi dengan menemui Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif, Rabu (3/7).

Kapolda Maluku yang didampingi Direktur Intelkam Polda Maluku menyambut dengan hangat kedatangan Kabinda Maluku. Pertemuan antara dua petinggi TNI-POLRI ini berjalan dengan suasana Kekeluargaan dan Keakraban.

Dalam pertemuan tersebut, Kabinda dan Kapolda membahas Investasi dan pembangunan di Maluku.

“Sesuai dengan Perintah Bapak Presiden saat Tanggal 24 Juni Rapat Paripurna Terbatas terdapat 2 Point penting yakni, ekonomi global yang berpengaruh terhadap Inflasi, sehingga lewat pertemuan ini diharapkan bagi seluruh Unsur pemerintah maupun TNI-POLRI untuk ikut mengendalikan Inflasi daerah, “jelas Kabinda.

Tak hanya soal Inflasi, Kabinda juga membahas Pilkada, yang menurutnya eskalasinya akan lebih tinggi dibandingkan pemilu kemarin.

Baca Juga: Nekat Terobos Jalur Berlawanan, Pengendara Motor Ini Berakhir di RS

Sementara itu Kapolda Maluku menyampaikan bahwa Maluku memiliki potensi yang luar biasa sumber daya alamnya, dan Pemprov Maluku sudah banyak melakukan langkah langkah strategis guna peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Dengan capaian yang ada, Kita TNI Polri dan BIN daerah juga punya kewajiban untuk memastikan setiap investasi dan pembangunan di Maluku harus berjalan sesuai yang telah direncanakan guna membuka banyak lapangan pekerjaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Polda Maluku siap dan terus mendukung akselerasi dan jolaborasi dan sinergitas yang kuat bersama unsur Forkopimda guna meningkatkan kapangan Ppekerjaan dan perekonomian yang pasti akan berdampak pada rendahnya konflik-konflik sosial yang terjadi, sehingga terwujudnya Maluku aman rakyat dejahtera,”ungkapnya.

Menurutnya, komitmen Polri bersama menjaga investasi dan pembangunan yang dilakukan baik oleh oemerintah maupun swasta di Maluku.

Untuk itu dirinya berharap adanya kerja sama, kolaborasi, komunikasi dan kordinasi baik antara Polda Maluku dan Binda Maluku dalam menanggapi berbagai permasalahan yang ada di Maluku.

“Tugas TNI-POLRI dan BINDA yakni memastikan semua program oemerintah baik pusat maupun daerah dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Bila semua persyaratan dan ketentuan telah dipenuhi tetapi masih diganggu dan dihambat oleh kepentingan perorangan atau kelompok dengan berbagai alasan yang tidak sesuai aturan hukum, maka hal tersebut akan menimbulkan preseden buruk dan ketidakpercayaan investor yang akan berusaha meningkatkan perekenomian dan pembangunan di Maluku,”pungkasnya.

Selanjutnya berkaitan dengan kesiapan Pilkada serentak tahun 2024 di Maluku, Kapolda menambahkan, Polda Maluku dan Kodam XV Pattimura telah siap untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut dan bersinergi dengan Pemda, KPU dan Bawaslu Maluku agar terwujud Pilkada serentak yang aman, kondusif dan sukses.(S-10)