SUKSES dalam menja­lankan program Jaminan Kesehatan Nasional, Ka­bupaten Maluku Barat Daya menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dengan capaian 98 persen.

Penghargaan UHC diterima langsung oleh Bupati MBD, Benjamin Thomas Noach, didampingi Kepala Cabang BPJS Kesehatan Ambon, Harbu Hakim dan Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten MBD, Agustu Souhuwat .

Penghargaan ini diberikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang diwakili oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’aruf Amin, di Krakatau Grand Ball Room Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Kamis (8/8).

Penghargaan UHC tersebut bertema “Satu Dekade Program JKN-KIS untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Memberikan Perlindungan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Indonesia”.

Bupati MBD Benjamin Thomas Noach menyampaikan rasa syukur karena terpilih menerima penghargaan atas upaya menye­lesaikan persoalan dasar, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional.

Baca Juga: Pertama Kali MBD akan Kibarkan Duplikat Bendera Pusaka

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat dan semua stakeholder, sehingga terlaksananya program Jaminan Kesehatan Nasional JKN-KIS UHC di Kabupaten MBD.

Dengan jumlah kepesertaan diatas 95 persen sehingga masuk dalam kategori UHC dan berhak mendapatkan penghargaan UHC Award di Tahun 2024 ini.

“Puji syukur pada hari ini kita mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat atas komitmen dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional. Sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat,”ujarnya.

Selain itu menurut Noach, Pemerintah Kabupaten MBD melalui Dinas Kesehatan, RSUD, Puskemas dan Fasilitas Kesehatan terus meningkatkan berbagai alat-alat penunjang kesehatan.

“Peningkatan layanan kesehatan untuk menunjang program UHC telah kita lakukan dengan melalukan akreditasi bagi Puskemas dan RSUD, penambahan ambulans untuk program jemput pasien dan PSC 119 serta pengadaan alat Unit Transfusi Darah (UTD) dan alat kesehatan lainnya,” katanya.

Diharapkan, upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik dan didukung seluruh masyarakat MBD.

“Pemkab MBD akan terus berupaya memastikan agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dan gratis. Mohon dukungannya supaya kami bisa terus melanjutkan program UHC ini di MBD,” harapnya. (S-28)