AMBON, Siwalimanews – Peringatan Hari Pramuka ke-63 yang jatuh pada 14 Agustus 2024 berlangsung dengan meriah di SMPN 19 Maluku Tengah (Malteng). Momen penting bagi gerakan kepanduan di seluruh Indonesia itu diisi dengan berbagai kegiatan dan upacara yang diadakan untuk memperingati jasa-jasa anggota pramuka yang telah berkontribusi dalam membangun karakter bangsa.

Kepala SMPN 19 Malteng, Marthen Riruma mengungkapkan, pada peringatan Hari Pramuka tahun ini pihak sekolah mengisinya dengan sejumlah kegiatan yang bertujuan membentuk karakter siswa.

“Pramuka ini kan gerakan kepanduan yang bertujuan membentuk karakter generasi bangsa. SMPN 19 Malteng menjadikan momentum ini untuk meningkatkan kualitas siswa khususnya sumber daya manusia dalam upaya membangun generasi bangsa,” kata Riruma kepada Siwalima Jumat (16/8).

Menurutnya, kegiatan Pramuka memberikan pengetahuan tambahan yang tidak ada dalam mata pelajaran di sekolah, sehingga sangat bermanfaat bagi pelajar untuk menjadi generasi muda yang memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Selain itu mengajak genenerasi muda untuk berkontribusi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: KPU Tetapkan DPS Kota Ambon 251.212 Pemilih

Dibawah nauangan Gugus Depan LOLOHO yang terbentuk sejak 1957 di Titawaai Kecamatan Nusalaut, Gerakan Pramuka terus ditingkatkan pada SMPN 19 Malteng. Untuk diketahui sejumlah kegiatan itu diawali dengan upacara pembukaan perkemahan yakni Pengukuhan Pramuka Penggalang Ramuh yang berusia 11 sampai 15 tahun atau yang  baru beralih dari Siaga ke Penggalang.

Selanjutnya pemberian tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus kepada Pramuka Penggalang Ramuh yang sudah memenuhi Syarat Kecakapan Umum atau SKU dan Syarat Kecakapan Khusus.(S-20)