AMBON, Siwalimanews – Siswa baru yang diterima masuk ke SMA Negeri Siwalima masih didominasi oleh pelajar dari Kota Ambon.

“Jumlah siswa baru yang masuk di tahun pembelajaran 2024 didominasi oleh Kota Ambon hampir 150 orang,” jelas Kepsek SMAN Siwalima, La Sini La Haya, dalam rilisnya yang diterima Siwalimanews, Selasa (9/7).

Dijelaskan animo masyarakat terhadap keberadaan sekolah ini ditengah-tengah provinsi termasuk Kota Ambon cukup baik, sehingga mempengaruhi kuota, yang mana terjadi peningkatan pendaftaran serta penerimaan yang cukup signifikan.

“Karena kebutuhan orang tua bagi sekolah ini, dia sampai di 155. Animo masyarakat sangat baik sehingga pertambahan jumlah siswa semakin meningkat. Tahun kemarin tiga kelas, tahun ini lima kelas,” jelasnya.

Dirinya berharap proses PPDB tahun berikutnya semakin banyak yang mendaftar dari kota/kabupaten lainnya, agar semakin besar kuota.

Baca Juga: Manajemen BFI Masohi Dipolisikan

“Jadi kalau kita mau seragamkan masing-masing daerah (jumlah kuota penerimaan peserta didik), kita harus mempertimbangkan usaha anak-anak untuk bagaimana mendaftar,” jelasnya.

Dengan memilih Siwalima, tambahnya maka para siswa sudah harus tahu dan mempersiapkan diri dalam proses menyeyam pendidikan nantinya.

“Mereka sudah harus tau bagaimana mempersiapkan diri. Nanti didalam materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) akan diberikan satu materi terkait dengan proses beradaptasi dengan lingkungan sekolah, tinggal di asrama, intinya mempersiapkan mental, ”pungkasnya.(S-29)