AMBON, Siwalimanews – Feardy Giovani Sipahelut dan Lora M.J. Tatipakalawan berhak mewakili Maluku dalam Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2024.

Mereka terpilih setelah menjadi Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024, dalam malam puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku, yang berlangsung di Gedung Pertunjukan Kantor Bahasa Provinsi Maluku Jumat (10/5).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para tamu undangan serta pendukung finalis yang bersaing dalam tahapan pemilihan yang telah dilakukan sejak bulan April lalu.

Sebelumnya, 30 finalis Duta Bahasa Provinsi Maluku mendapatkan pembekalan dan penilaian materi tentang wawasan kebahasaan, teknik wicara publik, pembuatan konten media sosial, dan krida Duta Bahasa. Pada akhir pembekalan, peserta menunjukkan bakat mereka dalam penampilan seni dan budaya.

Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku berlangsung dengan meriah.

Baca Juga: Mangar Pastikan tak Ada Paslon Perseorangan di Pilkada Aru

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa, dalam sambutannya menyampaikan, Duta Bahasa adalah generasi muda mitra pembinaan kebahasaan dan kesastraan yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, serta memiliki kemampuan berbahasa asing untuk meningkatkan fungsi bahasa Indonesia di tingkat internasional.

Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan tifa oleh Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Ambon, Robby Sapulette, mewakili Penjabat Walikota Ambon.

Dalam sambutannya, Walikota Ambon berharap, dengan diadakannya Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024 dapat meningkatkan peran generasi muda dalam memanfaatkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaannya masing-masing, apalagi di tengah-tengah tantangan pergaulan antarbangsa, keanekaragamanan suku bangsa, serta budaya dan bahasa daerah justru seharusnya dapat menjadi modal untuk memperekat jati diri bangsa.

Setelah dibuka secara resmi, 30 finalis diperkenalkan kepada para juri dan hadirin yang memadati Gedung Pertunjukan Kantor Bahasa Provinsi Maluku. Juri pada Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024 adalah Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa; Penjabat Ketua TP PKK Kota Ambon, Lisa Wattimena; Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Universitas Pattimura, Falantino E. Latupapua.

Selanjutnya, Marvin Patty dan Lieng Liliyanti Baranjanan, Duta Bahasa Provinsi Maluku yang bertugas sebagai pewara membacakan sepuluh besar finalis yang terpilih berdasarkan penilaian selama masa pembekalan. Sepuluh finalis tersebut kemudian menjawab pertanyaan dari dewan juri untuk menentukan enam besar Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024.

Hasil penilaian juri menetapkan tiga finalis dari kategori putra, yaitu Staner Luther Imbing, Feardy Giovani Sipahelut, dan Imanuel Petrus C. Tomasoa. Tiga finalis dari kategori putri, yaitu Lora M.J. Tatipikalawan, Valery Irela A. Lumintang, dan Brinet Claudia Tuarissa. Keenam finalis selanjutnya menjawab pertanyaan final dari para dewan juri untuk menentukan pemenang Duta Bahasa Provinsi Maluku tahun 2024.

Akhirnya, setelah diskusi yang cukup alot di antara dewan juri dan dengan dasar penilaian sejak seleksi, pelaksanaan krida, pembekalan, hingga tanya-jawab pada malam final pemilihan tersebut,  mereka menetapkan para pemenang Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2024. Para pemenang tersebut adalah sebagai berikut.

Pemenang I Kategori Putra adalah  Feardy Giovani Sipahelut, disusul Staner Luther Imbing sebagai pemenang II dan Petrus C. Tomasoa pemenang katagori III.

Sementara Pemenang I Kategori Putri adalah Lora M.J. Tatipakalawan, disusul Claudia Tuarissa dan Valery Irela A. Lumintang, pemenang II dan III kategori Putri.

Pemenang Favorit Kategori Putra adalah Desmon W. M. Unetbu dan Pemenang Favorit Kategori Putri adalah Alensya Lenora Ampoa.(S-08)