AMBON, Siwalimanews – Calon Walikota Ambon, Jantje Wenno menerima sejumlah pengaduan dari pedagang saat berkunjung di pusat perbelanjaan Ambon Plaza.

Kunjungan dilakukan Wenno di Amplaz, Kamis (27/6) guna mendengar langsung isi hati dari para pedagang pasca kenaikan harga sewa kios buntut kebijkan kerja sama Pemkot bersama PT Modern Multi Guna.

“Saya mendapat banyak sekali keluhan terkait dengan persoalan sewa menyewa kios yang mencapai 300-400 persen dari harga sebelumnya,” ungkap Wenno kepada wartawan di sela-sela kunjungan itu.

Uniknya kata Wenno ternyata para pedagang telah memiliki sertifikat hak milik atas satuan rumah susun, dan  menurut pedagang sesungguhnya kios-kios yang ada sudah menjadi milik mereka yang dibuktikan dengan sertifikat hak milik tersebut.

Pedagang lanjut Wenno, merasa tidak wajar lagi pedagang membayar dengan harga sewa yang tinggi kepada pihak lain.

Baca Juga: Pangdam XV Pattimura Kunker ke MBD

“Walaupun mereka sadar bahwa Amplaz secara keseluruhan itu hak guna bangunan tapi diatas HGU itu terdapat kios yang sudah dimiliki hak milik dengan membayar secara lunas,” jelasnya.

Terhadap persoalan ini, pedagang akan terus berjuang termasuk dengan melakukan upaya hukum termasuk di PTUN Ambon, dan hasilnya seperti apa nanti dilihat kedepan.

“Memang sudah waktunya pemimpin harus berpihak kepada rakyat apalagi ditengah situasi kondisi ekonomi yang tidak baik-baik saja dengan inflasi yang tinggi, harga kebutuhan pokok semakin tidak terjangkau,” tegasnya sembari menambahkan, pengusaha harus dilindungi dan harus untung tapi harus yang wajar.(S-20)