Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmase melantik RW dan RW Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, periode 2024-2029.

Pelaksanakan Pelantikan dan Bimbingan Tekni peningkatan kapasitas RT/RW Desa Poka berlangsung Jumat (19/7) di Kantor Desa setempat.

Dalam sambutannya Ririmase menyampaikan bahwa perkembangan yang terjadi di Desa Poka saat ini sudah dibilang cukup baik karena dapat dilihat dari pengembangan dan berbagai kegiatan yang berdampak positif. Bahkan pada bulan Februari lalu Desa Poka dijadikan sebagai Smart Fisheries Village yang tentunya akan berpengaruh pada peningkatan sumber daya manusia serta Kelautan dan Perikanan, sehingga Pemerintah Kota Ambon mengapresiasi capaian yang diraih oleh Desa Poka.

“Berbagai  hal atau kemajuan yang terjadi di Desa Poka, bukan semata kerja dari Pemerintah Kota Ambon, namun kerja bersama kolaborasi antara Kepala Desa dan seluruh staf juga RT-RW setempat. Untuk itu, capaian tersebut masih perlu dikembangkan lagi secara bersama sehingga menjadikan Desa ini pebih maju, “ungkap Ririmase.

RT/RW, kata Ririmase, adalah suatu lembaga kemasyarakatan di Desa yang marupakan mitra pemerintah daerah yang sah, yang diatur dalam peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2018 tentang pedoman pembentukan rukun tetangga.

Baca Juga: Pelatihan Peningkatan Kualitas EPD Dipuji

Tugas dan tanggungjawab RT/RW tidak boleh dianggap remeh, sebab RT/RW tidak semata hanya membuat surat keterangan domisili semata tetapi berbagai tugas mesti juga diperhatikan.  Tugas RT/RW ialah membantu Kepala Desa dalam menjalankan roda pembangunan di Desa Poka, sehingga proses pemerin­tahan dapat berjalan untuk mencapai visi dan misi demi kemajuan bersama.

“Tugas membantu kepala desa dalam melaksanakan pembangunan. RT harus bantu masyarakat dalam berbagai hal. Intinya RT harus berkolaborasi dengan kades untuk bangun desa poka ini. RT juga harus punya inovasi dan terobosan untuk secara bersama mengembangkan desa poka ini untuk lebih maju lagi.

Untuk itu, ia berharap agar RT/RW yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik dan dijalankan dengan sepenuh hati.

“RT/RW lakukan tugas dan tanggungjawab kalian dengan sepenuh hati. Layani masyarakat dengan sungguh-sungguh maka dengan begitu berkat ada datang dengan sendirinya,” katanya. (S-29)