BULA, Siwalimanews – Walaupun telah berdiri 109 Base Transceiver Station (BTS), namun sejumlah wilayah di seram bagian timur belum terjangkau sinyal telekomunikasi atau blank spot area.

“Tingginya tower BTS hanya 32 meter dan sering tertutup dengan pohon. Harusnya ketinggian 71 SST atau 91 yang bisa melewati ketinggian pohon,” jelas Kadis Komunikasi dan Informatika SBT M. Syukur Kilwarany kepada wartawan di Kantor Bupati, Senin (15/7).

Dijelaskan sejumlah daerah di SBT selain masuk blank spot area, ada wilayah yang memang belum bisa dibangun BTS karena merupakan kawasan lindung.

“Seperti di Desa Wunin Eldedora dan Tana Soa di Kecamatan Wakate terkendalanya adalah karena di wilayah tersebut masuk kawasan di hutan lindung,” ujarnya.

Untuk membangun di kawasan tersebut pihaknya harus berkomunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Pemkab Buru Gunakan Musuh Alami Basmi Tikus

Setelah menerima surat dari Pemkab SBT, pihak Kementerian LHK sudah secara langsung mengunjungi Desa Wunin Eldedora dan Tana Soa dan sudah ada proses pergeseran patok agar pembangunan BTS segera dilakukan.

“Sekarang kami menunggu dari pihak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), kapan mulai lakukan proses pembangunan lanjutan di dua desa tersebut,” terangnya.

Untuk wilayah Dusun Fon di Desa Atiahu dan Werinama yang memang baru dibentuk, Dinas Kominfo akan mengusulkan pembangunan BTS di periode kedepan.

Kemudian untuk wilayah Gorom dan sekitarnya memang masih ada sejumlah desa yang kesulitan menerima sinyal telekomunikasi.

“Kami sangat berharap pihak bakti bisa meningkatkan kapasitas tower tower itu sendiri, kalau kapasitas sudah ditingkatkan kami yakin bahwa persoalan blank spot itu bisa teratasi,” tandasnya.

Ditambahkan desa-desa yang memang sulit untuk mendapatkan signal telekomunikasi sama sekali yakni Desa Wunin Eldedora dan Desa Foan di Kecamatan Wakate, kemudian  Dusun Maar, Desa Maar sendiri masuk hutan lindung.

Desa Karang Namalas di Kecamatan Seram Timur itu yang memang blank spot area, Desa Lalasa, Kecamatan Pulau Panjang ini menjadi blank Spot akibat kerusakan dari tower itu sendiri,” ucapnya. (S-27)