AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur Watubun minta pemerintah daerah, baik kabupaten/kota dan provinsi untuk tanggap terhadap kondisi cuaca ekstrim.

Permintaan ini disampaikan Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (11/6) merespon kerusakan infrastruktur di sejumlah daerah aibat bencana banjir dan tanah longsor.

Watubun menjelaskan, kondisi cuaca ekstrim yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir telah menyebabkan infrastruktur alami kerusakan, baik jalan maupun jembatan. Akibatnya, akses transportasi masyarakat maupun barang dan jasa mengalami gangguan yang berpotensi menyebabkan meningkat ekonomi masyarakat.

“Memang curah hujan belakangan ini sangat tinggi dan kami dapat laporan ada infrastruktur utama yang mengalami kerusakan, seperti Jembatan Kawanua dan beberapa jembatan di Kabupaten SBB, maupun Kota Ambon, makanya kita minta pemda untuk segera tanggap,” ujar Watubun.

Pemda kata Watubun, harus responsif terhadap kondisi kerusakan infrastruktur yang terjadi ditengah masyarakat, dengan melakukan koordinasi bersama instansi terkait agar penanganan dapat dilakukan.

Baca Juga: Longsor di Amantelu, Satu Rumah Nyaris Tertimbun

Selain itu, BPBD setiap kabupaten/kota harus menginventarisir kerusakan infrastruktur yang terjadi untuk diambil langkah selanjutnya.

“Kita berharap, BPBD tidak tinggal diam dengan kondisi yang ada, tapi sebaliknya melakukan upaya mitigasi, termasuk mendata semua kerusakan agar ada langkah yang bisa diambil,” ucap Watubun.

Watubun berharap, masyarakat selalu waspada dengan kondisi yang ada dengan tetap mematuhi semua himbauan yang dikeluarkan pemerintah, guna mengurangi dampak dari cuaca ekstrim yang masih terus terjadi.(S-20)