AMBON, Siwalimanews – Hari ini, Senin (3/6), merupakan hari terakhir proses penyaringan tahap I oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Benhur G Watubun, kepada wartawan, di Sekretariat DPD PDI Perjuangan, Karang Panjang, Ambon mengatakan, dari sekitar 30 Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati/Walikota-Wakil Walikota dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku, terdapat dua kandidat Bakal Calon Kepala Daerah yang memilih mundur dan tidak mengikuti proses dimaksud.

Keduanya adalah Agus Ririmasse, Bakal Calon Walikota Ambon dan Taher Hanubun, Bakal Calon Bupati Maluku Tenggara.

“Ketidakhadiran mereka, itu adalah hak mereka, kita hormati, intinya kita sudah mengundang untuk menghadiri proses penyaringan ini. Jadi dari total 30 lebih bakal calon yang mendaftar di PDI Perjuangan, hanya dua yang tidak mengikuti proses ini,”ungkapnya.

Prinsipnya, sebagai partai yang membuka proses pendaftaran kepada seluruh lapisan masyarakat, pihaknya tentu menghargai apa yang menjadi hak asasi setiap kandidat.

Baca Juga: Menteri KKP Tinjau PPP Dobo dan Pelabuhan Perikanan Benjina

Pihaknya juga berterima kasih kepada semua bakal calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang telah berproses di PDI Perjuangan dan telah mengikuti setiap tahapan. Selanjutnya, dengan proses penyaringan ini, DPD PDI Perjuangan akan menyampaikan laporan kepada DPP partai di Jakarta.

“DPP yang berkewenangan untuk memutuskan itu,”katanya.

Ketua DPRD Maluku ini mengaku, dalam pelaporan ke DPP nanti, pihaknya juga akan menyertakan hasil survei sebagai dokumen yang tidak terpisahkan dengan dokumen-dokumen yang sudah kita lakukan. Jadi survei itu tahap keenam dari seluruh tahapan di PDI Perjuangan. Dan dengan survei itu maka kita akan serahkan kepada DPP dan DPP yang memutuskan,”jelasnya.

Pihaknya berharap, keputusan DPP akan lebih cepat supaya kesiapan dan persiapan DPD dan jajaran di daerah, bisa berlangsung dengan baik.

Soal penyaringan yang telah diikuti oleh para bakal calon, yang mana terakhir ditutup oleh mantan Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, Watubun mengatakan, selanjutnya, penilaian lain menjadi kewenangan DPP partai untuk menilai dan kemudian mengeluarkan rekomendasi untuk bertarung.

Dengan itu, pihaknya meminta para bakal calon agar dapat meyakinkan rakyat supaya ketika survei dilakukan, akan melihat potensi kecenderungan dukungan masyarakat, itu mengarah kepada siapa.

“Dan PDI Perjuangan juga tentunya akan berkoalisi dengan partai lain, kita bekerja sama dengan partai-partai lain untuk mengusung calon-calon pilihan kita,”katanya.(S-25)