AMBON, Siwalimanews – Ratusan pensiunan ASN Kota Ambon mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa-Abdulah Vanath.

Pernyataan dukungan terhadap pasangan dengan jargon ‘La­wamena’ tersebut dilakukan lewat deklarasi yang berlangsung di Lateri Beach, Senin (7/10).

HL sapaan akrab Lewerissa, dalam orasi politiknya mengatakan du­kungan yang diberikan ratusan pensiunan ASN merupakan wujud dari kekecewaan pemimpin daerah sebelumnya, yang tidak mampu melakukan perubahan dalam tata kelola pemerintahan.

“Para pensiunan yang menya­takan dukungan hari ini pasti punya kenangan dan impian agar tata kelola pemerintah di Maluku ini berjalan dengan baik, tapi sa­yangnya itu tidak tercapai,” ungkap Lewerissa.

Dijelaskan, tata kelola pemerin­tahan di Provinsi Maluku harus dikelola dengan baik tanpa pan­dangan bulu termasuk dalam pro­mosi dan mutasi ASN.

Baca Juga: Peringatan HUT TNI di Ambon Berlangsung Meriah

Penempatan ASN kata HL, harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang sehingga ASN yang ditempatkan harus sesuai dengan kualifikasi.

“Pemimpin yang baik harus mampu membuat tata kelola pemerintahan yang baik. Artinya harus arif dan bijaksana dalam membuat keputusan promosi dan mutasi,” ucap HL.

HL bilang, jika dirinya bersama Abdulah Vanath mendapat mandat dari rakyat Maluku, maka dirinya akan menerapkan sistem meritokrasi dalam tata kelola pemerintahan.

Meritokrasi lanjut HL, merupakan faktor penting sebab tidak bisa memaksakan ASN yang tidak memiliki kemampuan menduduki jabatan tertentu, tetapi orang tepat harus berada diposisi yang tepat.

“Kami Bertekad bila dikasih kewenangan akan melakukan itu dan tentu dalam konteks Maluku harus fleksibel. Artinya harus ada perimbangan. Meritokrasi itu wajib tapi sensitif filosofi orang basudara harus dipertimbangkan sehingga putra-putri 11 Kabupaten/kota harus mendapat kesempatan yang sama dalam birokrasi,” tegasnya.

HL pun meminta dukungan dari semua pensiunan ASN untuk mendukung dirinya pada pilkada nanti. (S-20)