AMBON, Siwalimanews – Direktur Ambon Music Office Rony Loppies mengaku, program inovatif Sound of Green atau SoG, menjadi pembahasan dan tema penting dalam event Daegu Global Forum (DGF) tahun 2024.

“Forum Internasional ini bermaksud menciptakan berbagai peluang dan kerjasama antar jejaring kota-kota kreatif UNESCO terutama kota music, ”ungkap Loppies dalam rilisnya yang diterima redaksi  Siwalimanews, Rabu (23/10).

Lopies yang sudah tiga kali diundang sebagai pembicara dalam forum tersebut menjelaskan, dalam event ini membahas tiga tema penting mengenai peran musik dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan berbasis budaya dan kreativitas.

Dimana regenerasi budaya dan ekonomi, musik berperan sebagai katalis bagi kawasan pembangunan perkotaan, sekaligus melestarikan warisan budaya dan mendorong pertumbuhan ekonomi kota, memanfaatkan musik guna meningkatkan perekonomian lokal dan meningktkan kualitas hidup.

Berikutnya, pertukaran dan kerja sama internasional dimana kota-kota kreatif sedang membangun jejaring melalui kolaborasi secara intenasional, mengatasi tantangan global dan menciptakan peluang baru dalam jejaring kota kreatif UNESCO.

Baca Juga: Paslon JUARA Diyakini Menang Telak di Kormomolin

Terakhir, keberlanjutan dan inklusi sosial. Banyak kota yang menggunakan musik sebagai instrument pembangunan berkelanjutan dan inklusi sosial, mengatasi isu-isu seperti perubahan iklim kesenjangan. Program inovasi seperti SoG yang dikembangkan AMO adalah, contoh diamana musik dipakai membina komunitas dan menciptakan perubahan positif di perkotaan.

“Global Daegu Forum 2024 secara efektif menyoroti transformatif potensi musik dalam pengembangan perkotaan dan pertukaran budaya dan kreativitas. Berbagai kerjasama melalui musik inilah yang sebenarnya mendorong kota-kota kreatif UNESCO untuk bergerak maju, ” tulis Lopies.

Kegiatan ini berlangsung di Kota Daegu, Korea Selatan, 10-11 Oktober lalu, dengan menghadirkan para vocal point dari kota-kota kreatif dunia UNESCO dan Hongkong. Termasuk didalamnya para musisi, pelaku-pelaku budaya dan Pemkot Ambon.

Sebagai pembicara kunci pada forum ini masing-masing, Michael Kim (London, Kanada), Ronny Loppies (Ambon, Indonesia), Mattias Rauch (Mannheim, Jerman), Bukeke Blakemore (Kansas City, USA) dan Paulo Longo dari Idanha-a-Nova.(S-29)