AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku menging­kat­kan KPU sebagai penye­lenggara pemilihan kepala daerah serempak 27 November 2024 mendatang, agar memenuhi hak masyarakat sebagai pemilih dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Demikian diungkapkan Karo Ops Polda Maluku, Kombes Ronald Refli Ru­mondor dalam Rapat koor­dinasi yang dipusatkan di Natsepa Hotel, Suli, Kabu­paten Maluku Tengah, Senin (7/10).

Rapat yang dihadiri para ketua dan komisioner KPU dari Maluku, Maluku Utara, Banten, Papua Barat, Papua Barat Daya, Kalimantan Selatan, Sulawessi Selatan, Sulawessi Utara, Bali dan Jawa Barat.

Karo Ops saat mewakili Kapolda Maluku sebagai narasumber pengawasan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah untuk mensukseskan Pilkada 2024, menyampaikan tentang sistem koordinasi yang dibangun antara kepolisian tingkat daerah dalam upaya menciptakan situasi Kam­tibmas yang kondusif.

Situasi kamtibmas yang kondusif, kata Kombes Ronald akan menun­jang terselenggaranya Pilkada serentak yang aman dan damai.

Baca Juga: 10 Program BASIS Diapresiasi

Dirinya mengungkapkan, potensi kerawanan saat perhelatan pesta demokrasi dapat terjadi kapan saja dan dimana pun.

“Pihak KPU sebagai penyeleng­gara pemilu harus dapat memenuhi hak masyarakat untuk memilih saat pilkada nanti,” pintanya.

Karo Ops pun meminta semua pihak untuk sama-sama melakukan cooling system menjelang pelak­sanaan pencoblosan suara di pilkada serentak tanggal 27 November 2024.

Cooling system penting dila­kukan sehingga situasi Kamtibmas yang kondusif dapat terkendali di seluruh wilayah Indonesia,” pin­tanya.

Kamtibmas Aman

Terpisah, Karo SDM Polda Maluku, Kombes Agus Nugroho, saat memimpin apel gabungan personel dan ASN Polda Maluku di lapangan Tahapary, Kota Ambon, Senin (7/10) mengatakan, kondisi keamanan dan ketertiban masya­rakat saat ini menjelang pilkada aman terkendali.

Dia berharap, para personel Polda Maluku juga diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja di situasi menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

“Saat ini tahapan pilkada telah sampai pada tahap kampanye, rekan-rekan harus terus meningkatkan kinerja, waspada terhadap setiap perkembangan situasi yang terjadi,” pintanya.

Kepada personel Polda Maluku, Karo SDM juga meminta agar dapat mengikuti Uji Kesamaptaan Jasmani secara berkala setiap 6 bulan sekali.

“Ini karena uji kesamaptaan jasmani merupakan salah satu dari  13 komponen penilaian bagi setiap anggota Polri untuk keperluan rekan-rekan sekalian ke depan dalam pengembangan karir di kepolisian,”pintanya.

Nugroho mengatakan, atas situasi kamtibmas yang kondusif, Kapolda Maluku menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada kinerja personel Polda Maluku dan Polres Jajaran.

“Ucapan terima kasih dari Bapak Kapolda Maluku dan Wakapolda Maluku atas kinerja rekan-rekan sekalian hingga saat ini situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku aman dan terkendali,” kata Karo Ops. (S-10)