BULA, Siwalimanews – Pembangkit Listrik Tenaga Diesel kilmury resmi menerangi tiga desa sejak puluhan tahun masyarakat hidup tanpa listrik.

“Untuk PLTD Kilmury itu sudah ada tiga desa yang sudah beroperasi. Ada beberapa yang kemudian nanti dipercepat untuk bisa melayani semua,” terang Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas kepada wartawan usai upacara peringatan HUT ke -79 RI di Lapangan Pancasila, Kota Bula, Sabtu (17/8)

Ia mengaku penyelesaian masalah kelistrikan di SBT harus segera diselesaikan agar masyarakat dapat menikmati penerangan yang layak.

“Yang pasti saya sudah membuat pernyataan, dalam waktu dekat pemerintah harus menyelesaikan sejumlah desa yang belum teraliri listrik. Harus diselesaikan dengan APBD yang ada. Kita menyelesaikan sedikit demi sedikit,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Unit Layanan Pelanggan Bula Risdam Ridwan kepada Siwalima, mengaku bertepatan dengan HUT  ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia masyarakat di Kecamatan Kilmury bisa merasakan kemerdekaan dengan masuknya listrik di Desa Kilmury.

Baca Juga: KPU Tetapkan 1.326.608 Warga Maluku Masuk DPS

“Peresmian Penyalaan Listrik untuk Desa Kilmury pada hari kemerdekaan. Semoga dapat membantu masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan produktivitas dengan pemanfaatan dan pemakaian Listrik,” katanya.

Menurut saat peresmian dilakukan PLTD Kilmury sudah melayani Desa Kilmury dan Desa Kilbon. Sedangkan beberapa desa sementara dipending karena kondisi jaringan PLN masih rusak.

“Besar harapan PLN Bula agar seluruh lapisan masyarakat Kilmury juga bantu menjaga aset yang sudah ada agar tetap aman,” pintanya.

Ia juga berharap apabila ada tanaman atau pohon milik warga yang dekat dengan jaringan listrik mohon untuk dipangkas agar tidak mengganggu pasokan listrik. (S-27)