AMBON, Siwalimanews – Penjabat Gubernur Maluku Sadli Ie, memastikan stok bahan pokok di Maluku aman untuk beberapa bulan kedepan.

Hal ini berdasarkan hasil sidak yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah pada beberapa distributor bahan pokok besar di Kota Ambon.

Sadli menjelaskan, pihaknya bersama TPID telah melihat langsung ketersediaan stok bahan pokok, bahkan telah berdialog dengan distributor guna mengetahui stok yang tersedia.

“Sekarang dari pihak distributor telah menjamin ketersediaan pangan sampai dua bulan kedepan itu tetap terjaga dengan keterjangkauan harga yang masih aman,” ujar Sadli kepada wartawan di Kantor Gubernur, Kamis (13/6).

Sidak yang dilakukan kata Sadli, merupakan upaya Pemerintah Provinsi Maluku untuk menjamin ketersediaan bahan pokok guna mencegah terjadinya peningkatan harga yang berdampak pada inflasi.

Baca Juga: Banjir Landa Huamual Aktivitas Warga Lumpuh

Kenaikan inflasi yang tiba-tiba melonjak cukup tinggi cukup mengagetkan pemerintah provinsi, maka TPID mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan pemantauan pada distributor besar untuk memastikan bahan pokok aman.

Pemerintah provinsi lanjut Sadli telah mengambil empat kebijakan, yakni ketersediaan bahan baku, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif guna memastikan inflasi kembali turun dan terjaga.

“Operasi ini akan terus dilakukan penuh dalam satu bulan ini untuk melihat mudah-mudahan penilaian pada Juni nanti bisa mencapai target,” pungkasnya.(S-20)