AMBON, Siwalimanews –Teddy Ch. Leasiwal terpilih sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura periode 2024-2028.

Rapat Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti dalam rangka penyampaian visi-misi sekaligus pemilihan Dekan Febis Unpatti periode 2024-2028, berlangsung tertutup, di ruang rapat lantai I Kampus Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kamis (30/5)

Leasiwal terpilih sebagai dekan, setelah mendapat dukungan dari 9 anggota senat dan mengalahkan dua rekannya, yakni Conchita V. Latupapua yang mendapat dukungan dari 5 suara dari anggota senat, dan Rainer H. Sitaniapessy yang sama sekali tidak mendapat dukungan suara.

Usai terpilih, Leasiwal kepada wartawan menyampaikan rasa syukurnya atas semua proses yang telah berlangsung hingga dirinya bisa terpilih sebagai dekan periode 2024-2028.

Menurutnya, ini proses dan hasil yang luar biasa, dirinya bisa mendapat dukungan untuk memimpin Febis empat tahun kedepan.

Baca Juga: Pemilik RM Puti Bungsu Minta Maaf

“Hal yang akan saya lakukan adalah melakukan konsolidasi internal, terutama bagi kedua rekan Conchita dan Rainer, mereka juga terbaik dan punya kapasitas, dan tentunya akan dirangkul, karena tujuan utama kita adalah soal fakultas ini,”ujarnya.

Dalam kepemimpinannya nanti, lanjut Leasiwal, dirinya tentu akan meneruskan dan melanjutkan apa yang telah dilakukan dekan sebelumnya. Yang pada dasarnya Febis Unpatti dengan gedung kampus yang baru dan juga memiliki banyak professor, serta tata kelola administrasi yang baik, maka kedepan tentunya menjadi tantangan yang tidak mudah dalam pengembangan fakultas ini, namun dirinya akan tetap upayakan dengan tetap berdiskusi dan bimbingan dari rekan-rekan senior yang berpengalaman demi memajukan fakultas ini lebih baik.

“Diusia yang masih terbilang muda dan belum banyak pengalaman, saya tentu akan membutuhkan bimbingan dan akan terus belajar. Saya juga akan mendengar masukan-masukan demi kemajuan fakultas ini,” janjinya.

Disinggung soal dinamika isu plagiat yang diduga dilakukannya saat pengusulan guru besar 2022 dan dikukuhkan tahun 2023 kemarin, Leasiwal menjelaskan, bahwa pada prinsipnya, semua telah melewati tahapan sesuai mekansime hingga dirinya dikukuhkan sebagai guru besar.

“Soal itu saya kira kita sudah melewati proses yang cukup ketat, sehingga untuk hal-hal seperti itu tidak mungkin terlewatkan. Intinya saya menunggu saja jika dipanggil untuk diklarifikasi. Tapi untuk proses ini, semua berjalan baik. Dan dengan hasil ini, saya kira semuanya sudah selesai,”jelasnya.(S-25)