AMBON, Siwalimanews – Beberapa Perguruan Tinggi di Maluku baik negeri, swasta dan agama bersama Pemerintah Provinsi Maluku menandatangani kesepakatan bersama.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan oleh Penjabat Gubernur Maluku, Sadli Ie, Rektor Universitas Pattimura, para pimpinan PT, narasumber nasional dan lokal, Bupati dan Walikota se-Maluku, Pimpinan DPRD Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota, Ketua KNPI Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota, Ketua BEM Perguruan Tinggi se-Maluku, serta stakeholder terkait lainnya.

Penandatangan kesepakatan tersebut berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura, Selasa (2/7) disela kegiatan Regional Meeting Pimpinan Perguruan Tinggi se-Provinsi Maluku, dengan tema “Peran Strategis Perguruan Tinggi di Wilayah Maluku bagi Stabilitas Geo Politik dan Geo Ekonomi Kawasan Timur Indonesia.

Rektor Universitas Pattimura, Fredy Leiwakabessy dalam sambutannya mengatakan, gagasan terhadap pembentukan forum pimpinan Perguruan Tinggi se Maluku lahir dari semangat para pimpinan perguruan tinggi di Maluku untuk bersama-sama bersinergi, \berkolaborasi membangun sumber daya manusia di Maluku khususnya, dan di Indonesia umumnya.

“Maluku memiliki berbagai keunggulan yang selama ini dikenal sebagai bumi Raja-raja, Maluku merupakan primbon primadona baik dari sisi aspek geopolitik maupun ekonomi kawasan regional nasional maupun internasional, Maluku memiliki kekayaan alam melimpah sebagai penghasil rempah-rempah dunia, sumber daya perikanan kelautan, panorama keindahan alam darat, laut, pesisir,”ujarnya.

Baca Juga: Kapolres MBD Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat

Selain itu, Maluku juga memiliki sumber daya mineral energi se fosil energi baru terbarukan kekayaan alam sehingga Maluku telah menjadi primadona dan daya tarik sejak lama hingga saat ini.

Dalam konteks ini, maka regional meeting pimpinan Perguruan Tinggi di Maluku digagas dengan tema “Peran Strategis Perguruan Tinggi Di Maluku Bagi Stabilitas Geopolitik Dan Geopolitik Kawasan Timur Indonesia”.

“Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembentukan forum pimpinan perguruan tinggi ke Maluku sekaligus menyusun program dan kegiatan serta pokok-pokok pikiran dan rekomendasi-rekomendasi akan menjadi masukan bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang didalamnya kita juga akan mendiskusikan dan membicarakan tokoh-tokoh yang dapat diidentifikasi sebagai sumber daya Maluku untuk mengusulkan bagi pemerintah pusat dalam keterlibatan membangun Maluku dan Indonesia,”ujarnya.

Rektor menambahkan, pihaknya akan memberikan masukan dan kesempatan bagi para calon gubernur yang telah mendaftar pada berbagai partai politik, untuk menyampaikan gagasan mereka dan rencana untuk membangun Maluku 5 tahun ke depan.(S-25)