BULA, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar festival seni qasidah tingkat kabupaten tahun 2024.

Festival yang berlangsung dibawah sorotan tema Mengembangkan Potensi Sumber Daya Sineman Islam yang Religius dan Berkualitas Sebagai Media Dakwah dan Syiar Islam itu dipustakan di halaman Masjid Al-Akhwan, Kota Bula, Jumat (20/9).

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Pj Sekda Mirnawati Derlean mengatakan, untuk pelaksanaan festival seni qasidah merupakan momentum strategis dalam upaya membangun dan mengembangkan budaya Islam serta menjalin silahturahmi masyarakat dari semua kecamatan di kabupaten ini.

“Selama perlombaan kita akan berada dalam satu suasana dan bersama-sama berpartisipasi meningkatkan seni budaya Islam,” ujar bupati.

Dengan menyadari arti strategis penyelanggara Lasqi ini sebagai bagian dari pembinaan umat Islam kata bupati, maka  harus berupaya untuk menumbuh kembangkan, membina secara struktural dari desa dan kecematan, sehingga memacu  seniman dan musisi Islam di negeri ini agar lebih banyak berdialog, bertukar kreativitas dan terus mengembangkan berbagai jenis seni budaya yang bernafaskan Islam sesuai dengan perkembangan zaman dan tetep berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam.

Baca Juga: Nasdem Maluku All Out Menangkan Paslon JAR-AMK

Lantunan syair lagu religius dan edukatif ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para remaja untuk terus berkarya dengan landasan moral dan iman yang tangguh, sehingga siap menjadi penerus pembangunan di negeri ini.

“Pada kesempatan ini saya ingin sampaikan harapan saya, kiranya kita mampu menempatkan seni qasidah sebagai salah satu media dakwah dan syiar Islam yang dapat membendung kuatnya arus dan perkembangan informasi digital yang terus mengejar anak-anak dan generasi kita dengan berbagai tayangan dan informasi negatif,” tutur bupati.

Pesan- pesan keagamaan ini kata bupati, harus bisa disampaikan secara efektif, persuasif dan memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan demikian kegiatan dakwah ini mampu memberikan solusi bagi persoalan- persoalan kehidupan yang dihadapi oleh masyarakat, mengapresiasi dalam strategi berdakwah melalui seni budaya Islam.

“Kita pahami, bahwa peran Kementerian Agama sangat penting dalam penguatan iman nasional, terutama kepada generasi muda negeri dan bangsa ini. Saya berharap agar Lasqi tidak hanya sekedar membina generasi muda yang hanya bertumpuh pada prestasi dalam bidang seni qasidah semata, akan tetapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana melalui seni qasidah ini dapat menciptakan generasi-generasi yang berkualitas, berakhlak mulia berbudi pekerti luhur, kreatif dan inovatif, serta mampu mendukung program-program dibidang pembangunan mental spiritual sesuai asas dan tujuan keberadaan lembaga Lasqi itu sendiri,” tandas  bupati

Sebelumnya Ketua DPD Lasqi SBT Ny Misa Keliobas mengaku, seni qasidah sebagai bagian dari upaya kebudayaan yang telah tumbuh dan berkembang meluas ditengah masyarakat, dapat dijadikan sebagai konsep pergerakan pembangunan untuk mereklamasi belajar seni budaya yang kurang inovatif menjadi inovatif

“Melalui seni qasidah DPD Lasqi SBT menjadikannya sebagai konsep pembangunan jiwa dan karakter bangsa dari imperialisme dan dari dunia global melalui pegiat social,” ujar Ny Misa.

Untuk itu ia berharap, melalui pelaksanaan festival seni qasidah tahun ini, kiranya menjadi era baru kebangkitan masyarakat SBT dalam tahapan seni dari budaya di daerah ini. (S-27)