AMBON, Siwalimanews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah memberikan restu dan dukungan penuh kepada pasangan Abdul Aziz Hentihu- Gadis Sitti Nadia Umasugi untuk maju bertarung di pada 27 November nanti.

Untuk itu, seluruh kader maupun simpatisan PDIP saat ini solid untuk memenangkan pasangan dengan Akronim BASIS ini di Pilkada Buru nanti.

“PDI-Perjuangan dengan sejumlah pertimbangan politik, menilai pasangan Aziz-Gadis dengan akronim BASIS ini menjadi calon kepala daerah yang memiliki kans besar keluar sebagai pemenang di pilkada nanti,” tandas penanggung jawab DPD PDI Perjuangan di Pilkada Buru Debi P Latuconsina kepada Siwalimanews di Ambon, Sabtu (24/8).

Menurutnya, pasangan BASIS ini memiliki indikator keterpilihan yang tinggi dalam potret pemilih yang ditangkap sejumlah lembaga survei, termasuk survei internal dari PDI Perjuangan.

“Dukungan PDI Perjuangan kepada pasangan Azis-Gadis di Pilkada Buru, tentunya didasari oleh sejumlah indikator. Misalnya temuan survey, hampir semua survey yang melakukan riset elektabilitas pada Pilkada Buru 2024 duet politisi PPP dan Golkar ini berpeluang menang. Sehingga kehadiran PDI Perjuangan sebagai bagian dari koalisi pasangan ini, menambah peluang keterpilihan keduanya,” ungkap Debi

Baca Juga: Ini Tiga RS Usulan Dinkes ke KPU Maluku

Positioning Gadis kata Debi, menjadi penting dalam bidak politik Buru. Sebagai perempuan, Gadis memiliki segmentasi pemilih yang kuat (strong voters), sebab selain mewakili segmentasi pemilih perempuan, Gadis juga mewakili ceruk pemilih milenial dan gen z di Buru yng merupakan kelompok pemilih produktif pada pilkada nanti.

“Bagi kami, hasil temuan survey kemudian dianalisis dan hasil analisis itu memberikan gambaran soal peluang keterpilihan. Selain itu, untuk mempermudah para calon kepala daerah yang kami usung memiliki elektoral vote yang tinggi, maka tugas kami berdasarkan temuan survey adalah, melihat lagi ceruk atau segmentasi pemilih potensial,” tandas Debi.

Ia mengaku, sebagai satu-satunya perempuan dalam gelanggang politik di Buru, tinggal bagaimana, partai koalisi dan kandidat menyiapkan strategi yang tepat melalui program kampanye yang terukur untuk mengunci suara mayoritas pada segmentasi tersebut.

Selain itu, PPP, Golkar dan PDI Perjuangan memiliki basis politik yang tidak beririsan di Buru. Tiga mesin partai pengusung pasangan BASIS ini, memiliki ceruk pemilih yang berbeda dan tersebar merata.

”Intinya kami memiliki mapping sebaran suara dan pemilih ideologis setiap partai pengusung. Untuk itu, kami sangat optimis pasangan BASIS bisa menang di Pilkada Buru,” tutur Debi.

Debi menegaskan, seluruh kader struktural mulai dari DPD, DPC, PAC dan anak ranting pada Pilkada Maluku, termasuk di Buru akan solid dan tegak lurus dalam mengejawantahkan amanah, serta perintah Ketua Umum Ibu Megawati Soekarno Putri untuk mengawal dan memenangkan calon kepala daerah yang diusung.

“Di PDI Perjuangan, prinsip tegak lurus merupakan kehormatan bagi kami dalam menjalankan perintah ketua umum untuk mengawal dan memenangkan calon kepala daerah yang direkomendasikan partai. Kami pastikan seluruh instrument politik partai akan bergerak, termasuk akar rumput yang menjadi ujung tombak PDI Perjuangan dalam agenda pilkada nanti, termasuk di Buru. Kami solid dan akan all out di Pilkada Buru,” cetus Debi.(S-26)