NAMLEA, Siwalimanews – Calon Bupati Buru Muhammad Daniel Rigan bersama pasangannya Haryo Udanto Abukasim dengan tagline Mandat, akan deklarasi sekaligus menggelar pesta rakyat pada 18 Agustus nanti.

Bahkan diinformasikan, kepulangan pasangan ini ke Namlea pada hari yang sama, akan disambut ribuan pendukung termasuk ribuan simpatisan dari kalangan tukang ojek.

Ketua Panitia penyambutan dan deklarasi Munir Soamole yang dikonfirmasi Siwalimanews di Namlea, Senin (12/8) membenarkan kalau kepulangan pasangan Mandat sekaligus akan menggelar deklarasi dan  pesta rakyat guna menghibur masyarakat dalam rangka menyambut HUT RI ke-79.

“Kepulangan pasangan ini ke Namlea, sambil membawa rekomendasi parpol untuk maju di Pilkada Buru 2024 patut disyukuri dan diawali dengan Bismillah dengan melakukan deklarasi secara terbuka agar publik mengetahuinya,” ujar Munir.

Masih dalam suasana HUT RI  kata Munir, usai deklarasi dilanjutkan dengan pesta hiburan rakyat yang akan dimeriahkan artis ibu kota yakni, Trio Macan dan juga artis Maluku Toton Karibo dan kawan-kawan.

Baca Juga: Bacalkada Perindo Wajib Masukan Hasil Konsolidasi Partai Koalisi

“Dalam kegiatan deklarasi nanti pasangan Mandat juga merasa perlu untuk menghibur rakyat dalam rangka menyambut HUT RI ke-79,” ucap Munir.

Munir mengaku, kalau pilkada ini adalah pesta rakyat, karena itu pasangan Mandat menyerukan kepada masyarakat agar menyambutnya dengan riang gembira, dengan happy pada semua tahapan, sampai pada hari pencoblosan.

Untuk itu, diharapkan agar nantinya masyarakat siap lahir batin bebas menentukan sikap politik mereka tanpa ada tekanan maupun intimidasi dari pihak manapun.

“Berarti kita bisa pastikan pilkada berlangsung aman, tertib, berintegritas, berkualitas dan bertanggungjawab dan itu harapan kami selaku ketua tim penjemputan dan deklarasi pasangan Mandat,’ tandas Munir.

Mantan Ketua KPU Buru ini juga menyampaikan pesan ini kepada seluruh tim relawan maupun tim parpol, bahwa sosialisasi ini akan terus dilakukan berjenjang kepada seluruh masyarakat, bahwa pilkada di Kabupaten Buru ini adalah pesta rakyat, maka marilah disambut dengan riang gembira, tanpa ada embel-embel lain.

Ditanya soal rekomendasi parpol yang sudah dikantongi pasangan ini, Munir menyebutkan, yang punya keterwakilan kursi di DPRD Buru yaitu Partai Nasdem (4 kursi) dan Partai Gerindra (1 kursi). Satu partai lagi yang punya keterwakilan 2 kursi akan ikut bergabung.

“Tiga partai, yaitu Demokrat, PDIP dan Perindo masih terus dilobi. Sehari dua ini satu partai akan fiks mendukung pasangan Mandat. Dua partai non seat, yaitu PSI dan Partai Hanura juga telah memberikan rekomendasi,” jelas Munir.

Ditanya lebih lanjut soal penjemputan pasangan Mandat, dia memaparkan kalau  rombongan akan tiba di Bandara Namniwel dengan menggunakan pesawat udara pada siang hari. Untuk menjemput pasangan ini selain dikerahkan 1.000 tukang ojek,  panitia juga menyediakan kendaraan roda empat berbagai jenis sebanyak 150-200 unit untuk mengangkut massa.

“Kita bersama ribuan pendukung akan sambut pasangan Mandat di sana,”jelas Munir.

Menurutnya, pasangan ini setelah tiba di Bandara Namniwel, akan mampir sebentar di kampung halaman MDR di Desa Jikumerasa untuk beristirahat sebentar sekaligus makan siang serta sholat Dzuhur di Mesjid Jami An’Nur Kampung Buru, baru kemudian ke rumah almarhum Darwis Lapodi Sekertaris Partai Nasdem Buru.

Selanjutnya, dari Jikumerasa, pasangan ini rombongan serta ribuan pendukung maupun simpatisan akan berkendaraan menuju Kota Namlea dan finish di Lapangan Pattimura Namlea.

“Malamnya usai ibadah Ishyah akan dilanjutkan dengan acara deklarasi dan pesta rakyat,” jelas Munir.(S-15)