BULA, Siwalimanews – Menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI, organisasi Kepemudaan di Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar kegiatan pidato Kebangsaan.

Pidato Kebangsaan diikuti oleh mahasiswa maupun siswa siswi SMA/SMK yang ada di Kota Bula di Aula kantor Kementerian Agama, Rabu, (14/8).

Ketua panitia Sofyan Keliobas mengatakan masyarakat SBT yang saat ini dituntut mengambil bagian dalam gerakan pembangunan di daerah, lebih khususnya pada meningkatkan sumber daya manusia.

“Maka momentum ini, kami berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan refleksi hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema “Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pemuda Untuk Menatap Masa Depan Negeri Seram Bagian Timur,” ungkapnya.

Ia mengaku yang lebih idealnya dan monitatif kegiatan refleksi kemerdekaan ini, organisasi kepemudaan dapat memper­sembahkan beberapa lomba diantaranya pidato Kebangsaan yang sedang berjalan.

Baca Juga: Distribusi Logistik Terkendala, KPU-Bawaslu Temui Kapolda

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas Kadis Pendidikan SBT Sidik Rumalowak membacakan sambutan Kabid Pemuda dan Olahraga Sudir Rumanama mengatakan, Pidato Kebangsaan merupakan salah satu agenda penting yang kita laksanakan dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

“Pidato Kebangsaan bukan hanya sekedar sebelumnya mengangkat sebuah moment refleksi yang mengingatkan kita akan perjuangkan para pahlawan yang telah berjuang dengan sedih untuk merebut kemerdekaan 79,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Sudir, kegiatan ini tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah saja, akan tetapi juga harus melibatkan semua masyarakat luas.

“Kita perlu mengembangkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, melalui berbagai aktivitas seperti lomba lomba diskusi kebangsaan, seminar, dan pelatihan yang dapat meningkatkan kesadaran pengetahuan kita tentang sejarah perjuangan bangsa,” ujarnya.

Untuk itu ia mengajak semua pemuda untuk mendukung inisiatif dan memberikan berkon­tribusi besar dalam penyele­nggaran kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi kita semua. (S-27)