AMBON, Siwalimanews – Ocean Policy Research Institute (OPRI)-Sasakawa Peace Foundation menjajaki kerjasama dengan Universitas Pattimura di bidang pendidikan.

Tim OPRI-SPF dipimpin Michael C Huang akan berada di Unpatti selama lima hari dari tanggal 17-25 Oktober.

“Kerjasama dimaksud yakni kolaborasi penelitian, magang dan akan ada kunjungan guru besar dan pertukaran mahasiswa,” jelas Dekan FPIK Unpatti Y Lopulalan.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas progress yang dilakukan SFP lewat kehadiran perwakilannya di Ambon.

“Kami berharap dua pihak memanfaatkan kesempatan ini dengan efektif dan produktif guna penguatan simpul silaturahmi, saling mengenal lebih dalam, terbangunnya saling percaya guna terselenggaranya kolaborasi yang harmoni dalam ruang riset dan program yang akan digagas secara berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga: Mairuhu: Indonesia Emas Butuh Polnam yang Siap Berkontribusi

Sementara itu, Senior Research Fellow Division of Ocean Policy Research berharap, program yang akan dibangun dan dikembangkan kiranya dapat berkontribusi bagi terselenggaranya pembangunan perikanan dan laut yang berkelanjutan di Maluku.

“OPRI juga mengusulkan strategi yang layak untuk dijadikan acuan bagi para pembuat kebijakan di komunitas internasional dan berupaya menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mewujudkan kebijakan ini,” kata Huang.

Selain itu pihaknya komitmen menggunakan pendekatan penelitian kebijakan guna membantu menyelesaikan berbagai tantangan kelautan hadapi dan membantu membangun tata kelola kelautan baru.

“Kita akan memastikan generasi mendatang dapat menikmati perairan yang sehat kedepannya,” tandasnya. (S-25)