AMBON, Siwalimanews – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail-Michael Wattimena menerima rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB).

Dalam rilis yang diterima Siwa­lima, Senin (5/8) menyebutkan, rekomendasi diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid yang Juga Wakil Ketua MPR, di kantor DPP PKB Jl. Radem Saleh Jakarta Pusat, Minggu (4/8), pukul 15.00 WIB.

Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis mengatakan, dukungan terhadap MI-MW ini untuk keberlanjutan pembangunan di Provinsi Maluku.

“Jadi, faktor elekatibilitas, rekam jejak dan kesiapan MI dalam keberlanjutan pembangunan, itu menjadi faktor utama PKB men­jatuhkan pilihan dukung­an,”katanya.

Menurutnya, PKB telah mela­kukan kajian terhadap semua Balon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung dalam kontestasi politik ini, dan secara elektabilitas, keduanya masih berada diposisi teratas untuk bisa memenangkan Pilgub 2024 ini.

Baca Juga: Bawaslu Gandeng OKP Perkuat Pengawasan Pilkada

“Kita rasional saja, bahwa memang hingga Juli kemarin, elektabilitas Murad sudah men­dekati 50 persen. Disatu sisi, MI-MW juga sudah didukung tiga Parpol, yakni PAN, PKS dan Demokrat. Dengan kekuatan 11 kursi itu telah memenuhi persya­ratan jadi kalau di tambah PKB 4 kursi, maka total 15 kursi, dan iyltu sudah memenuhi syarat daftar di KPU,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini MI-MW adalah paslon yang siap dan bisa dikatakan telah memenuhi syarat daftar.

Sebelumnya, Jazilul Fawaid disela-sela penyerahan rekomendasi dihadapan MI-MW mengatakan, dukungan ini sebagai bentuk keyakinan PKB terhadap keduanya, bahwa keduanya

akan bekerja dengan baik bagi rakyat.

“Ada bukti, dan itu dirasakan oleh masyarakat maluku, kerukunan terjaga, ekonomi stabil, pelayanan kepada masyarakat sudah berjalan dengan baik. Dengan itu PKB memberikan rekomendasi ini,”ka­tanya.

Tanpa Mahar

Sementara itu, Murad Ismail melontarkan pujian bagi PKB yang memberikan rekomendasi tanpa mahar.

Dikatakan, PKB memberikan contoh praktik demokrasi yang baik dengan tidak meminta mahar dalam proses rekomendasi ini.

“PKB mendukung kami (MI-MW) tanpa mahar. Inibtentu saja dukungan yang luar biasa,”ujar MI usai menerima rekomendasi di kantor DPP PKB, di Jakarta.

Dikatakan, proses tanpa mahar yang ditunjukan PKB dalam kontestasi politik ini, tentunya saja akan melahirkan calon-calon kepala daerah yang baik dan berintegritas.

“Terima kasih atas dukungan PKB, saya merasa sangat terhormat mendapatkan dukungan dari PKB untuk bertarung di Pilkada Maluku ini,”ujarnya.(S-25)