BULA, Siwalimanews – Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur dihimbau untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang terjadi dalam sepekan ini.

“Menindaklanjuti informasi dari BMKG Maluku dan memasuki musim penghujan, serta mencermati curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah SBT yang berpotensi terjadi banjir, longsor dan bencana lainnya, maka kita himbau agar masyarakat SBT mewaspadainya,” tulis Kepala BPBD SBT MB Weulartafela dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (13/6).

Selain mewaspadai cuaca ekstrim, masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, yang akan mengakibatkan banjir, dan jika ingin berlayar kiranya memperhatikan informasi cuaca dari BMKG. begitupun ketika hujan lebat turun yang mengakibatkan jarak pandang terbatas, sebaiknya tidak melanjutkan perjalanannya.

“Segera sampaikan laporan kejadian ke pemkab dalam hal ini BPBD, apabila terjadi bencana banjir dan tanah longsor di lingkungan sekitar lingkungan,” himbaunya. (S-27)