AMBON, Siwalimanews – 22 atlet Karateka Maluku dikirim mengikuti kejurnas kejuaraan Shindoka yang berlangsung di GOR Remaja Tanjung Priok Jakarta Utara mulai 1-3 Agustus kembali dengan kepala tegak.

Mereka berhasil membawa pulang Shindoka: 6 medali Emas, 4 medali Perak dan 10 Perunggu. Atlet Maluku kalah dari Jambi sebagai juara pertama dengan 13 emas, 9 perak, 6 perunggu, juara kedua sumut dan juara tiga Sulsel dan jateng.

Medali emas dipersembahkan oleh Michelle A Telussa (kumite 50 kg putri junior), Petra A E Lamerkabel (Kumite Pemula -42 kg putri), Aufaro E Uneputty (Kumite Pemula +50 kg putra), Aurelline E Uneputty (Kumite Kadet -54 kg putri), Kristo V Iwane (Kumite Junior -61 kg putra) dan Gideon H Telussa (Kumite Junior -55 kg putra).

Sedangkan medali perak masing-masing oleh Gerh’s FN. Somarwane (kumite senior -84 kg putra), 2.Nabila C Tupenalay (Kumite Usia Dini -25 kg putri), Rowen T Saurete (Kumite Kadet -57 kg putra) dan Chalista N Paays (kumite pra pemula -30 kg putri).

Kemudian medali perunggu dipersembahkan oleh Arcjhe K Iwane, Paulus J Tuhuteru, Nabila C Tupenalai, Yansen M B Pattiasina, Meravel G Tupamahu, Vanessa L Sapulette, Bimantoro Tupenelai, Nurul Syifa, Ardi F Rahayaan dan Farel J Saiya.

Ketua Harian Shindoka Maluku Edwin Uneputty kepada Siwalima, Senin (5/8) menjelaskan Kejurnas Shindoka yang piala Ketua Umum PB Shindoka itu diikuti ratusan atlet yang datang dari 17 provinsi termasuk Maluku.

“Event tahunan ini tim Karate Shindoka Maluku berada pada pe­ringkat keempat umum dengan mem­bawa pulang  enam medali Emas, 4 Pe­rak dan 10 Perunggu,” ujar Uneputty.

Ia mengaku keikutsertaan 22 atlet karate Shindoka Maluku di event ini juga untuk menambah pengalaman bertanding

“Tujuan kita ikut even ini sebagai ajang seleksi nasional untuk dipersiapkan mengikuti kejuaraan APW SKF yang akan diselengga­rakan pada 28 November- 2 Desem­ber 2024 di Singapura,” tandasnya.

Ditambahkan kini, rombongan sementara dalam perjalanan kembali ke Ambon dengan menggunakan kapal laut. (S-09)