AMBON, Siwalimanews – Direktur Politeknik Negeri Ambon (Polnam), Dady Mairuhu mengatakan, Indonesia emas membutuhkan Polnam yang siap berkontribusi SDM dan teknologi tepat guna bahkan Indonesia emas membutuhkan Polnam sebagai pelaku utama bukan sebagai penonton.

Hal ini diungkapkan Mairuhu dalam sambutannya saat perayaan Dies Natalis Polnam ke-37, yang berlangsung di gedung Audiororium Polnam, Senin (14/10).

Dikatakan, perayaan Dies Natalis Polnam yang ke-37 di tahun ini merupakan sebuah momen istimewa.

“Tahun ini kita rayakan pertambahan usia secara berbeda dengan suasana yang berbeda.  Bukan untuk menghambur-hamburkan uang atau melakukan pemborosan yang tidak perlu. Tetapi perayaan Dies Natalis saat ini merupakan wujud syukur kita atas bertambahnya usia institusi yang yang kita cintai ini sekaligus wujud syukur atas serangkaian agenda penting dalam penataan organisasional yang telah kita lalui juga torehan prestasi yang telah diukir oleh sivitas akademika Polnam,” ujarnya.

Sebagai institusi, kata Mairuhu, sepatutnya bersyukur bahwa instrumen-instrumen penting yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas tridharma telah diselesaikan.

Baca Juga: Unpatti Sementara Menyelesaikan Rancangan Statuta

“Kita bersyukur dari aspek kerangka regulasi, Polnam sudah memiliki Organisasi dan Tata Kelola (OTK), Statuta, dan Rincian Tugas unit kerja di lingkungan Polnam. Semuanya telah disahkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; sah dan berlaku secara resmi,” katanya.

Dari aspek kelembagaan, kata Mairuhu, semua organ sudah tertata sesuai OTK, dan kita sudah memiliki perangkat kerja baru dan lengkap. Semua ketua jurusan, sekretaris jurusan, kepala laboratorium, dan koordinator program studi yang baru telah dilantik dan telah mulai bertugas.

“Yang terbaru, kita telah memiliki perangkat senat akademik yang siap melaksanakan peran mengawasi pelaksanaan aktivitas akademik pada institusi Polnam. Mungkin terlihat seperti semuanya terlalu cepat atau mungkin sedikit terburu-buru dilaku­kan. Saya ingin mengatakan bahwa saya memilih melakukan semuanya dengan cepat karena kita tidak boleh lagi berlambat-lambat. Era ini adalah era yang serba cepat,” katanya.

Perayaan Dies Natalis tahun 2024 ini dilaksanakan di bawah sorotan tema “Melalui Dies Natalis ke-37, Politeknik Negeri Ambon Siap Berinovasi Menuju Indonesia Emas”.

“Tema ini secara sederhana ingin mengatakan kepada kita semua sivitas akademika Polnam bahwa masa depan Indonesia emas ada di depan kita. Kita sudah melakukan banyak hal tetapi perlu juga disadari bahwa masih banyak hal lagi yang harus dilakukan. Dunia berubah, lingkungan pekerjaan berubah. Kebutuhan masyarakat berubah dan makin bertambah. Kita sebagai sivitas akademika harus siap untuk menjawab kebutuhan itu. Polnam harus terus melangkah.. dengan satu hati dan satu pikir kita melangkah ke depan,” tukasnya.

Dijelaskan, di tahun 2024 ini Polnam meraih banyak hal dan telah mengerjakan banyak perbaikan. Banyak pekerjaan rumah untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan layanan publik telah dilakukan dan sedang berjalan.

“Kita berhasil mendapatkan pendanaan untuk penguatan pembelajaran berbasis TEFA dan penguatan kapasitas laboratorium pembelajaran. Belum terhitung pendanaan untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan. Tahun 2025 harus menjadi tahun dimana Polnam harus berkiprah lebih luas lagi. Bukan hanya menjadi jagoan lokal saja, tapi Polnam harus unjuk gigi pada level nasional bahkan internasional. Kita bisa. Polnam bisa,” bebernya.

Pada perayaan Dies Natalis Polnam ke-37 juga diserahkan cendramata bagi para pensiunan Polnam dan mahasiswa berperstasi. (S-08)