AMBON, Siwalimanews – Bodewin Mailuhu ditetapkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota untuk menggantikan almarhumah Irene Mauren Russel sebagai Anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029.

“Sehari dua kita akan pleno penetapan PAW saudari kita ibu Noni Irene Russel, yang meninggal dunia sebelum pelantikan DPRD Kota Ambon, 11 September 2024 lalu,” kata Ketua DPD partai NasDem Kota Ambon, Morits Tamaela, kepada warta­wan, di Ambon, Selasa (15/10).

Kata dia, dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan rapat pleno penetapan Pergantian Antar Waktu (PAW) tersebut.

“Pengganti almarhumah Irene Mauren Russel adalah peraih suara terbanyak kedua dalam Pileg 14 Februari 2024 lalu yakni Bodewin Mailuhu. Secepat mungkin kita akan melakukan pelantikan sehingga jumlah anggota DPRD Ambon bisa lengkap 35 anggota,” ujarnya.

Ditanya soal kapan pelantikan akan berlangsung, Tamaela belum bisa memastikan kapan itu dilakukan.

Baca Juga: Sasar MBD, KKT dan Aru Tekad Bulat Menangkan JAR

Namun dia mengatakan, prinsipnya, pelantikan akan dilakukan sebelum akhir ini.

“Kita pasti percepat. Karena dari sisi kepartaian dan lembaga, kita juga rugi, sebab ada kekurangan person yang harus menjalankan tugas sama-sama dengan anggota yang lain,”katanya.

Sebelumnya Tamaela mengatakan, bahwa wafatnya anggota DPRD Ambon terpilih, Irene Mauren Russel tentu masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan orang-orang terdekat almarhumah.

Alasan inilah yang kemudian membuat NasDem memilih tidak terburu-buru untuk memproses pengusulan calon pengganti almarhumah untuk kemudian dilantik sebagai anggota DPRD Kota Ambon periode 2024 – 2029.

“Kami sangat menghargai kondisi kebatinan dari keluarga almarhumah sehingga kami belum bisa mempercepat proses dimaksud,”ujarnya. (S-25)