AMBON, Siwalimanews – Pengurus DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Maluku masa bakti  2024-2027 dibawah kepemimpinan Samuel Patra Ritiauw resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan Ketua umum GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat berdasarkan SK DPP GAMKI Nomor 120609/SU-GAMKI/INTERNAL/K/9/2024 tentang Pengesaan Pengurus DPD  GAMKI Maluku Masa Bakti 2024-2027 yang berlangsung di aula PGSD Unpatti, Sabtu (21/9).

Ketua umum GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat saat pelantikan itu minta kepada pengurus GAMKI Maluku yang baru dilantik, untuk dapat melahirkan pemikiran-pemikiran yang tepat bagi pembangunan di Maluku. Pasalnya, DPP telah memiliki tiga gerakan yang menjadi dasar, yakni gerakan pemikiran, gerakan advokasi dan gerakan profesi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

“Sebagus apapun pemikiran kalau tidak ada advokasi nyata dan berkelanjutan dalam menciptakan profesi baru, maka akan tidak ada manfaatnya. Jadi ini bagus menjadi perhatian serius dari DPD GAMKI Maluku yang baru dilantik,” pesan Sahat.

Sebagai organisasi yang sah di Indonesia kata Sahat, GAMKI Maluku bersama organisasi pemuda lintas agama harus dapat merawat kemajuan yang selama ini terjaga di Maluku.

Baca Juga: Pangdam Resmikan Baileo Emas Putih

Apalagi, memasuki musim pilkada, DPD GAMKI harus terus mendorong perdamaian dan persaudaraan, sehingga pilkada dapat berjalan dengan baik.

“GAMKI tidak mungkin paksakan memilih calon tertentu, tetapi GAMKI harus memberikan pendidikan politik yang baik agar orang memilih harus melihat rekam jejak,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD GAMKI Maluku Samuel Patra Ritiauw mengatakan, GAMKI Maluku memiliki visi  terwujudnya pemuda Kristen berkarakter Kristus yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara untuk mewujudkan generasi emas Maluku tahun 2045.

GAMKI Maluku juga siap menjadi mitra terdepan, dengan membantu pemerintah deerah dalam menyelesaikan sejumlah persoalan yang selama ini terjadi di Maluku.

“Disisi lain, GAMKI Maluku akan selalu mengkritisi pemerintah, jika tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat,” tandas Ritiauw.

Terkait dengan pilkada serentak, Ritiauw memastikan, GAMKI akan netral walaupun terdapat beberapa kader yang maju dalam kontestasi pilkada, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Bahkan, sebagai Ketua GAMKI, ia juga tidak akan mengarahkan kader untuk memilih calon tertentu, tetapi dikembalikan kepada hati nurani masing-masing orang.

“GAMKI Maluku mohon dukungan dalam pengembangan program kedepan dan kita siap mensukseskan pilkada serentak dengan memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat,” ucap Ritiauw.

Sementara itu, Pj Gubernur Maluku Sadli Ie berharap, GAMKI dapat membangun hubungan kemitraan dengan organisasi kepemudaan lainya guna memperkokoh persatuan dan kesatuan di Maluku.

Menghadapi pilkada serentak 27 November menurut Sadli, GAMKI harus mengambil peran untuk menangkal sejumlah isu yang dapat memecah persaudaraan di Maluku, artinya bedah pilihan itu biasa, tetapi persatuan yang utama.

“Kami berharap adanya kontribusi pemikiran dan ide dari GAMKI guna membawa Maluku ke arah yang lebih baik dengan membangun sinergi dengan elemen pemuda dalam bingkai hidup orang basudara,”  harap Sadli.(S-20)